Berita  

Honduras Resmi Buka Kedutaan di Cina dan Memutuskan Hubungan dengan Taiwan

Honduras Dan China

JagatBisnis.comPada tanggal 11 Juni 2023, Honduras membuka kedutaan besar di Cina setelah memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan pada awal tahun tersebut. Kedutaan besar di Beijing dibuka oleh menteri luar negeri dari kedua negara, dan Presiden Honduras, Xiomara Castro, berada di Cina untuk kunjungan kenegaraan, termasuk pertemuan dengan Presiden Cina, Xi Jinping.

Baca Juga :   Taiwan Tidak Mendapatkan Undangan Pertemuan Tahunan Dari WHO

Tegucigalpa mengakhiri hubungan dengan Taipei pada bulan Maret setelah hubungan diplomatik yang telah berlangsung selama puluhan tahun. Sebagai gantinya, Honduras membuka saluran diplomatik dengan Beijing. Cina mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sendiri dan tidak mengizinkan hubungan diplomatik negara-ke-negara dengan Taiwan. Taiwan, di sisi lain, memiliki pemerintahan sendiri yang dijalankan berdasarkan prinsip-prinsip demokratis dan menolak klaim Cina tersebut.

Saat ini, Taiwan hanya memiliki hubungan diplomatik resmi dengan 13 negara, sebagian besar negara miskin dan berkembang di Amerika Tengah, Karibia, dan Pasifik. Langkah Honduras untuk membuka kedutaan besar di Cina menunjukkan dukungan mereka terhadap posisi Cina mengenai Taiwan.

Baca Juga :   Cina dan Rusia Patroli Udara Bersama, Korea Selatan Tanggap dengan Penyediaan Jet Tempur

(tia)

MIXADVERT JASAPRO