Minimarket Indonesia Merambah Negeri Jiran

JagatBisnis.com –  Bisnis retail berupa minimarket atau supermarket masih menjadi suatu jenis usaha yang perlu di pertimbangkan karena bisa memberikan keuntungan yang besar.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meresmikan minimarket bernama Domart yang menjual 100% produk Indonesia di Malaysia. Ritel itu dikelola oleh pengusaha Wachidal Mustafa Dimyani, Baban Muhammad Robbannie dan Nur Lailatul Zuhro.

“Alhamdulillah kami berbahagia, hari ini, di Malaysia, Kuala Lumpur, kita buka retail pertama modern, Domart namanya. Yang punya namanya Dimyani,” kata Zulhas kepada awak media, usai meresmikan Domart di Kuala Lumpur, Malaysia, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (7/6/2023).

Zulhas mengungkap, ketiga pengusaha itu memang telah rutin megimpor produk-produk makanan dari Indonesia khususnya dari UMKM.

“Hebatnya lagi, Dimyani ini, itu mengimpor hasil UMKM-UMKM Indonesia hampir 10 kontainer lebih setiap bulan. Mudah-mudahan meningkat terus,” sambungnya.

Menurut Zulhas, Domart tidak hanya sekadar toko, tetapi juga simbol dari kerja sama dan persahabatan antara dua negara. Domart, kata Zulhas, dapat membantu memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk Indonesia termasuk produk UMKM kepada masyarakat Malaysia.

Baca Juga :   Besok, Ada 28 Produsen Luncurkan MinyaKita Rp14 Ribu Per Liter

“Sebaliknya, kita juga berharap bahwa Domart dapat menjadi jembatan bagi para pengusaha Indonesia untuk memasuki pasar Malaysia. Domart juga menunjukkan komitmen kita untuk mendukung UMKM Indonesia. Dengan menyediakan tempat bagi mereka untuk memasarkan produk mereka, kita berkontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan UMKM dan membangun ekonomi yang lebih kuat,” katanya lagi.

Zulhas menambahkan, Domart juga memainkan peran penting. Dengan menjual 100 persen produk Indonesia, Domart memberikan platform bagi UKM Indonesia untuk menjangkau pasar Malaysia. “Ini adalah langkah besar dalam usaha kita untuk memperkuat dan memperluas ekspor produk UKM Indonesia,” imbuh politisi PAN itu.

Di sisi lain, lanjut Zulhas, Domart tidak hanya menawarkan kesempatan kepada UKM untuk menembus pasar internasional, tetapi juga mempromosikan produk dan budaya Indonesia, serta mempererat hubungan antara Indonesia dan Malaysia.

Zulhas pun berharap Domart dapat membuka kembali toko-toko berikutnya di seluruh pelosok Malaysia. “Saya yakin, dengan dukungan dan kerja sama dari semua pihak, Domart dapat tumbuh dan berkembang menjadi toko yang sukses dan dicintai oleh masyarakat Malaysia,” pungkas mantan Menteri Kehutanan itu.

Baca Juga :   Pelepasan Ekspor Produk Kokola Group oleh Kementrian Perdagangan

Acara peresmian Domart di Malaysia ditandai dengan pengguntingan pita oleh Mendag RI Zulkifli Hasan dan disambut tepuk tangan serta sorak gembira dari masyarakat Indonesia yang berada di Negeri Jiran.

Usai meresmikan secara simbolis, Zulhas juga meninjau produk-produk yang dijajakan di Domart. Minimarket ini berada di Plaza KLTS, Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

Sementara itu, Wachidal Mustafa Dimyani menyampaikan terima kasih atas peresmian Domart oleh Mendag Zulhas. Ia menjelaskan, Domart adalah jaringan salah satu minimarket penjual berbagai makanan dan minuman produk Indonesia di Malaysia.

“Domart adalah jaringan distributor retail penjual berbagai jenis makanan ringan dan minuman halal paling lengkap asli dari Indonesia yang berada di Malaysia,” ujarnya.

Toko ini, kata Dimyani, menawarkan berbagai macam produk, mulai dari mi instan hingga bumbu dan makanan ringan tradisional serta 60 persen produk disuplai dari UMKM. Domart, lanjutnya, juga berupaya menjadikan produk-produk UMKM Indonesia, pilihan populer bagi mereka yang mencari bahan asli Indonesia.

Baca Juga :   Produsen Sediakan Minyak Goreng Hingga Natal

“Dalam misi kami, kami ingin Domart memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan cara menyediakan berbagai produk makanan dan minuman dari Indonesia. Memberikan yang terbaik dalam segala hal dan selalu menegakkan tingkah laku/etika bisnis yang tinggi, ikut berpartisipasi dalam membantu mengenalkan produk makanan dan minuman Indonesia ke Trading House atau Wisma Dagang Internasional agar berdaya saing tinggi,” kata Dimyani.

“Kami juga bervisi memberikan kepuasan kepada pelanggan atau konsumen dengan berfokus pada produk dan pelayanan yang berkualitas unggul. Selalu menegakkan tingkah laku/etika bisnis yang tertinggi, ikut berpartisipasi dalam pembangunan negara dengan menumbuh-kembangkan jiwa wiraswasta dan kemitraan usaha, dan menjadi distributor retail terkemuka yang menjual produk Indonesia di Malaysia,” imbuhnya.

“Target tahun ini akan dibuka lima Domart. Selain minimarket, kami kembangkan konsep warmindo dan starling corner di dalam Domart. Didukung mahasiswa Indonesia di Malaysia untuk kelola Domart. Mohon dukungan masyarakat Indonesia dan Malaysia,” pungkasnya. (den)

MIXADVERT JASAPRO