Agar Penjualannya Lebih Moncer Pabrik Isuzu Geser Ke Indonesia

JagatBisnis.com –  Semakin banyaknya pesanan kendaraan merk Isuzu akhirnya membangun pabriknya di Indonesia.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang melanjutkan lawatannya dengan bertemu jajaran Isuzu Motors Ltd di Tokyo, Jepang. Kabarnya Isuzu akan memindahkan pabrik truk di Thailand ke Indonesia.

“Pihak Isuzu menyampaikan akan memindahkan pabrik truk dari Thailand ke Indonesia dan mulai berproduksi pada tahun 2024 mendatang,” ujar Menperin Agus dalam keterangan resminya dikutip Rabu (7/6/2023).

Pabrik yang akan dipindahkan tersebut memproduksi UD Trucks yang semula dimiliki oleh Volvo dan diambil alih oleh Isuzu pada tahun 2019.

Baca Juga :   Industri Minyak Goreng Curah, Wajib Mendaftarkan Perusahaannya

“Kami menyampaikan apresiasi atas keputusan Isuzu tersebut dan mengharapkan agar pemindahan basis produksi tersebut dapat berjalan baik. Kami akan menyiapkan berbagai kemudahan, termasuk insentif, untuk mendukung proses pemindahan pabrik,” ujar Agus.

Di Indonesia, pabrik Isuzu yang berlokasi di Karawang memiliki tingkat utilisasi yang cukup tinggi, mencapai 85%. Produksi tahun 2022 sebesar 44.694 unit, atau 15% dari total produksi Isuzu di seluruh dunia. Pada tahun 2022, ekspor Isuzu Indonesia mencapai 8.254 unit untuk jenis kendaraan Completely Built Up (CBU).

Baca Juga :   Minyak Goreng Curah Subsidi Telah Disalurkan Sebanyak 63.916 Ton

“Untuk itu, Isuzu meminta dukungan dari Pemerintah Indonesia untuk kemudahan ekspor,” ujar Senior Executive Officer Isuzu Motors Ltd. Yasuyuki Niijima.

Menperin juga mengharapkan agar Isuzu dapat meningkatkan penggunaan komponen di dalam negeri pada proses perakitan, salah satunya dengan mendorong jenis kendaraan yang masih dirakit menggunakan skema importasi Completely Knocked Down(CKD) agar diubah menjadiIncompletely Knocked Down(IKD). Sedangkan untuk kendaraan yang sudah dirakit melalui skema importasi IKD, agar dapat meningkatkan penggunaan komponen dalam negerinya.

Baca Juga :   Kemenperin dan BNPB Bakal Bangun Lab Pengujian Masker

Kemenperin mendorong untuk dapat memperluas pasar ekspor, khususnya ke Afrika. Menanggapi permintaan tersebut, Niijima menyetujui bahwa pasar Afrika memiliki potensi luar biasa.

“Kami akan mengejar volume produksi di Indonesia sekaligus meningkatkan penjajakan marketing di Afrika,” ujarnya.

Pabrik Isuzu Indonesia saat ini memproduksi kendaraan niaga Isuzu Traga yang diekspor ke berbagai negara, dengan pasar utama Timur Tengah dan Filipina. Sedangkan produk UD Truks sudah dirakit dengan menggandeng mitra PT Tjahja Sakti Motor dan Gaya Motor di Sunter, Jakarta Utara. (den)

MIXADVERT JASAPRO