Indonesia Didorong Jadi Hub Regional Penangkapan dan Penyimpanan Karbon

JagatBisnis.comIndonesia dapat menjadi hub di level regional untuk carbon capture and storage (CCS) atau penangkapan dan penyimpanan karbon. Untuk itu,
pemerintah akan terus mendorong inovasi, investasi dan kerja sama dalam penerapan CCS guna meningkatkan efektivitas dan pertumbuhan CCS di Indonesia.

“Kita membutuhkan kerja keras untuk mencapai tujuan besar agar Indonesia menjadi CCS Hub di kawasan,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut B. Pandjaitan dalam peluncuran forum bertajuk International and Indonesia CCS Forum 2023 di Jakarta, Selasa (30/5/2023).

Dia menjelaskan, dari beberapa penelitian, kapasitas yang dimiliki Indonesia bisa mencapai 400 Gt untuk penerapan teknologi CCS. Sehingga terdapat potensi bisnis dan investasi yang besar bagi Indonesia, khususnya peran CCS dalam mengurangi emisi karbon. Selain itu, kini telah diluncurkan Indonesia Carbon Capture and Storage Center (ICCSC).

Baca Juga :   Jokowi Didesak Reshuffle Luhut

“ICCSC merupakan organisasi baru yang mengembangkan solusi inovatif untuk pengembangan CCS, percepatan transisi energi, dan pembangunan iklim yang optimal. Karena ada beberapa faktor penting yang membutuhkan kolaborasi dari semua pihak. Hal ini termasuk pengaturan dan kebijakan, infrastruktur dan teknologi, keuangan dan pembiayaan, serta kesadaran dan dukungan masyarakat,” paparnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO