Pekan Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung

JagatBisnis.com –  Kereta cepat yang akan di resmikan pada bulan Agustus nanti pada pekan ini sudah mulai di uji coba kan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun meminta masyarakat mendukung proses pengetesan tersebut. Hal itu mengingat kereta cepat pertama di Asean tersebut akan beroperasi pada Agustus 2023 mendatang.

“Hari ini dilaksanakan pengetesan jalur KCJB karena targetnya bulan Agustus sudah mulai beroperasi, tinggal pengetesan-pengetesan akan dimulai di minggu ini. Mohon dukungan dari warga khususnya yang terlewati di jalur KCJB,”ujar Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin 15 Mei 2023.

Baca Juga :   China Mulai Kirim 11 Set KCJB

Dikatakan Ridwan Kamil, KCJB adalah inovasi yang luar biasa, harganya tidak murah, proyek yang menjadi perhatian internasional dan sekarang sudah dimulai pengetesan.

“Tentunya kami harap masyarakat berpartisipasi dan mendukung. Kita doakan di bulan Agustus sesuai target kereta cepat pertama di Asean ini pengetesannya berlangsung dengan aman dan lancar,” ucap dia.

Baca Juga :   Proyek KCJB Bakal dapat Suntikan Dana Rp3,2 Triliun

Adapun wilayah yang dilewati jalur KCJB yaitu Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung dan Kabupaten Bandung.

Untuk diketahui, KCJB memiliki panjang trase 142,3 km yang terbentang dari Jakarta hingga Bandung, Kereta Cepat Jakarta-Bandung memiliki empat stasiun pemberhentian, Halim, Karawang, Padalarang, Tegalluar dengan satu depo yang berlokasi di Tegalluar.

Baca Juga :   Kereta Cepatnya Belum Meluncur, Besinya Sudah Dicuri

Dari total panjang trase kereta cepat, lebih dari 80 km di antaranya memiliki struktur elevated sedangkan sisanya berupa 13 tunnel dan subgrade. Beberapa fasilitas sementara seperti Batching Plant dan Casting Yard dibangun di beberapa titik kritis untuk mendukung percepatan proses pembangunan. (den)

MIXADVERT JASAPRO