Pelunasan Biaya Haji Terhambat Efek Sistem BSI yang Bermasalah

JagatBisnis.com –  Calon jemaah haji yang saat ini telah mendapat surat panggilan untuk pelunasan keberangkatan haji sempat mengeluh tidak dapat transaksi diakibatkan oleh sistem perbankan yang bermasalah.

Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi menyayangkan layanan Bank Syariah Indonesia (BSI) yang sempat bermasalah membuat ribuan calon haji terancam menghambat pelunasan biaya haji.

“Persoalan gangguan sistem ini harus menjadi perhatian serius,” kata Kahfi dikutip dalam keterangan tertulis, Jumat, 12 Mei 2023.

Baca Juga :   Syarat Rekomendasi untuk Haji dan Umroh Akhirnya Dicabut

“Terutama karena banyak jemaah haji yang belum melunasi biaya haji yang bergantung pada BSI sebagai lembaga keuangan untuk memenuhi kewajiban mereka,” ujarnya

Oleh karena itu, dia meminta agar Kementerian Agama (Kemenag RI) segera berkoordinasi dengan BSI dan pihak terkait lainnya guna menyelesaikan gangguan sistem.

Baca Juga :   BSI Gelar Vaksinasi Dari Masjid ke Masjid

“Sebaiknya Kemenag memberikan informasi yang jelas, akurat, dan terkini kepada calon jemaah haji mengenai gangguan sistem yang terjadi,” kata dia.

Menurut Kahfi, proses penyelesaian harus dilakukan dengan segera agar jemaah haji tidak terlambat dalam memenuhi kewajiban mereka.

“Komunikasi yang efektif akan membantu mengurangi kekhawatiran dan memastikan jemaah haji tetap mendapatkan informasi yang mereka butuhkan,” tuturnya.
Jika gangguan yang dialami BSI berkelanjutan, Kahfi meminta Kementerian Agama untuk mencari solusi alternatif dalam proses pelunasan biaya haji bagi jemaah yang terdampak oleh gangguan sistem BSI.

Baca Juga :   Pembiayaan Otomotif BSI Capai Rp2,32 Triliun

“Apakah dialihkan ke bank mitra lainnya, atau ada solusi lainnya,” ujar politisi Fraksi PAN tersebut memungkasi. (den)

MIXADVERT JASAPRO