BRI Dukung UMKM Naik Kelas dengan Sertifikasi TKDN

JagatBisnis.comPT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mendukung UMKM naik kelas dengan sertifikasi tingkat komponen dalam negeri (TKDN) melalui acara Pelatihan Sertifikasi TKDN dan Dukungan Permodalan bagi UMKM.Acara pelatihan tersebut digelar Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membuka kesempatan UMKM agar dapat terus meningkatkan dan mengembangkan kompetensinya dalam pengembangan usaha bisa terus naik kelas.

Baca Juga :   Pengusaha Ultramikro dan UMKM BRI Didorong Naik Kelas

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, peran UMKM yang semakin penting dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, perlu mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak. Untuk itu, dukungan terhadap kegiatan ini diperlukan guna menjaga optimisme para pelaku UMKM yang merupakan pelaku utama usaha di Indonesia. Sehingga mendorong semakin kuatnya konsumsi domestik sebagai penggerak utama pertumbuhan produk domestik bruto.

“Makanya, berbagai upaya harus diarahkan pada penguatan daya beli masyarakat, peningkatan konsumsi hingga penggunaan produk-produk dalam negeri,” katanya dalam keterangan, Kamis (11/5/2023).

Baca Juga :   BRI Pangkas Proses Pengajuan Kredit dari 2 Minggu Jadi 1 Hari

Sementara itu, Ketua Bidang Pendanaan Dekranas Liza Thohir menambahkan, pelatihan yang mengusung dua tema tersebut cukup relevan dengan perhatian pemerintah dalam mendorong seluruh pihak untuk mengoptimalkan penggunaan produk-produk lokal. Untuk itu, dalam mendukung kapasitas produksi maupun usaha UMKM, diperlukan permodalan dan pengelolaan keuangan UMKM secara baik.

Baca Juga :   Begini Upaya BRI Memitigasi Resiko Kenaikan NPL di Tengah Tren Kenaikan Suku Bunga

“Dengan memiliki sertifikat TKDN dalam produk-produk UMKM akan meningkatkan daya saing produk dan memberikan potensi yang lebih luas untuk dibeli dan digunakan oleh berbagai pembeli potensial. Untuk itu, pengetahuan terkait permodalan bagi UMKM harus dikelola secara bijak agar memberikan hasil yang optimal melalui perencanaan keuangan yang baik,” tutup Liza. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO