Ada 32 Gempa Susulan di Pandeglang Usai 5,4 Magnitudo Dicatat BMKG

JagatBisnis.com –  BMKG menulis beberapa guncangan buntut terjadi berakhir guncangan 5, 2 magnitudo( lebih dahulu diucap 5, 5 magnitudo) yang mengguncang Kecamatan Sumber, Kabupaten Pandeglang, Banten, Rabu( 10/ 5) siang. Pusat guncangan terletak di Antara Sunda.

Pembaharuan 10 Mei 2023 jam 18. 13 Wib jumlah 32 kali guncangan alam buntut. Magnitudo maksimum 5, 1 dan magnitudo minimun 2, 3,” tutur Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangannya, Rabu( 10/ 5).

Guncangan buntut dengan magnitudo paling tinggi terjadi pada jam 17. 48 Wib. Guncangan ini terasa di Bos Lampung, Tanggamus dan Pesawaran dengan rasio keseriusan II- III MMI. Tidak hanya itu pula di wilayah Alam dengan rasio keseriusan II MMI.

Baca Juga :   BMKG Catat Gempa Susulan Terjadi di Maluku

Guncangan tidak berpotensi tsunami.

Bagi Daryono pemicu guncangan sedang serupa dengan yang awal ialah kegiatan sesar aktif yang terletak di posisi guncangan.

Baca Juga :   Korban Gempa Cianjur: 162 Orang Tewas dan 13.784 Mengungsi

” Dengan mencermati posisi episenter dan daya hiposenternya, guncangan alam yang terjadi ialah jenis guncangan alam cetek dampak terdapatnya kegiatan sesar aktif. Hasil analisa metode pangkal membuktikan kalau gempabumi mempunyai metode pergerakan memindahkan( strike- slip)” nyata Daryono.

BMKG mengimbau warga buat tidak belingsatan. Warga pula dimohon buat tidak terbawa- bawa informasi yang sumbernya tidak nyata.

Baca Juga :   BMKG: Gempa M5,2 di Karangasem Bali Dipicu Sesar Naik Flores

” Pada warga diimbau supaya senantiasa hening dan tidak terbawa- bawa oleh rumor yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Supaya menjauhi dari gedung yang retak ataupun cacat disebabkan oleh guncangan,” tutur Daryono.

” Cek dan yakinkan gedung tempat bermukim kamu lumayan kuat guncangan, atau tidak terdapat kehancuran dampak fibrasi guncangan yang mematikan kemantapan gedung saat sebelum kamu balik ke dalam rumah,” pungkasnya.

(tia)

MIXADVERT JASAPRO