Begini Kata BMKG Terkait Suhu di Jakarta 32 Derajat Celcius tapi Terasa Seperti 40 Derajat Celcius

JagatBisnis.comSuhu udara di sekitar Jakarta sejak beberapa hari terakhir berkisar 31-35°C, tetapi terasa seperti lebih panas. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memaparkan analisisnya, dari data AWS Jabodetabek, suhu udara tercatat Rabu (10/5/2023), berkisar antara 31°C hingga 34°C. Untuk Kelembapan relatif berkisar antara 58-79 persen di wilayah Jabodetabek.

Baca Juga :   Jabodetabek Masih Dilanda Hujan Sedang-Lebat Sepekan ke Depan

“Baik, suhu maupun kelembaban udara masih cenderung sama dengan tiga hari sebelumnya dan termasuk dalam kategori normal,” kata Kasubid Prediksi Cuaca, BMKG, Ida Pramuwardani, Rabu (10/5/2023).

Sementara itu, lanjut dia, hari ini terpantau kondisi cuaca cenderung cerah berawan dibandingkan 2 hari yang lalu terdapat adanya hujan di sebagian besar wilayah Jabodetabek. Oleh karena itu, kondisi ini memungkinkan suhu yang terasa menjadi lebih panas daripada alat pengukuran.

Baca Juga :   Sejak 21 November, Tercatat 406 Gempa Susulan di Cianjur

“Sehingga kemungkinan pada hari ini radiasi matahari yang optimal dengan berkurangnya tutupan awan. Hal ini dapat memicu suhu yang dirasakan menjadi lebih panas dari pengukuran alat observasi,” katanya.

Baca Juga :   BMKG Ingatkan Cuaca Hari Ini di Jabodetabek Hujan Disertai Petir

Menurut dia, kondisi suhu yang dirasakan lebih tinggi dari yang terukur (feels like) terjadi karena kelembaban yang cukup tinggi di daerah kepulauan tropis seperti di Indonesia. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO