20 WNI Korban Perdagangan Orang di Myanmar Berhasil Dibebaskan

JagatBisnis.comSebanyak 20 WNI korban perdagangan manusia di online scams berhasil dibebaskan dari wilayah konflik di Myawaddy, Myanmar. Mereka, bebas melalui KBRI Yangon dan KBRI Bangkok. Melalui kerja sama KBRI Yangon dengan jejaring lokal yang memiliki akses ke wilayah Myawaddy, para WNI akhirnya dapat dibebaskan dan dibawa menuju perbatasan Thailand.

Baca Juga :   Wartawan AS Dijatuhi Hukuman 11 Tahun Penjara oleh Pengadilan Militer Myanmar

“Ke-20 WNI berhasil dibawa ke perbatasan dalam dua gelombang, yaitu pada 5 Mei 2023 sebanyak 4 orang, dan 6 Mei 2023 sebanyak 16 orang,” tulis keterangan resmi Kemlu, dikutip Minggu (7/5/2023).

Adapun Tim Pelindungan WNI KBRI Bangkok selanjutnya akan membawa mereka ke Bangkok. Untuk proses pemulangan, KBRI Bangkok akan berkoordinasi dengan otoritas Thailand untuk perizinan repatriasi ke Indonesia.

Baca Juga :   Ada 138 WNI di Ukraina, Dipastikan dalam Kondisi Aman

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu), KBRI Yangon, dan KBRI Bangkok mendesak otoritas Myanmar mengambil langkah efektif untuk menyelamatkan pekerja migran Indonesia yang diduga merupakan korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO). (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO