Reputasi Bandara Kualanamu Dipertaruhkan Setelah Penemuan Mayat Di Lift

JagatBisnis.comKejadian memilukan yang menimpa seorang wanita yang terjatuh di lift dan jenazahnya baru di temukan tiga hari kemudian menjadikan Bandara Kualanamu Medan menjadi sorotan berbagai pihak.

DPRD Sumatera Utara (Sumut) ambil sikap terkait kasus temuan mayat wanita karena jatuh di lift Bandara Internasional Kualanamu. Mereka menyebut, kejadian nahas yang menimpa korban dapat berimbas pada nama baik Sumatera Utara di mata wisatawan.

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut) Baskami Ginting di Medan, Senin, 1 Mei 2023. Kata dia, kejadian wanita terjatuh di lift ini dapat mencoreng nama Sumatera Utara ke depan. Sebab, Bandara Kualanamu merupakan pintu masuk wisatawan dan investor ke provinsi tersebut.

Baca Juga :   Diprediksi Bandara Kualanamu akan Jatuh ke Tangan Asing

“Bandara merupakan etalase yang kita tampilkan kepada pelancong dan investor. Harusnya peristiwa ini tidak terjadi,” kata dia.

Oleh karena itu, DPRD Sumut dalam waktu dekat akan memanggil pengelola Bandara Kualanamu untuk meminta penjelasan terkait temuan mayat wanita di bawah lift tersebut.

Di saat semua pihak telah berbenah dan berupaya dalam memberikan pelayanan terbaik saat arus balik ini, terjadi peristiwa yang mengejutkan kita semua. Kami akan meminta penjelasan pihak bandara terkait pengelolaan dan pengawasan jalannya operasional di sana,” ujar Baskami.

Menurut dia, salah satu bandara terbesar di pulau Sumatera itu tengah melakukan transformasi standar operasional dan layanan. Namun, insiden nahas itu seolah mencerminkan bahwa implementasi safety management system, belum tercapai dengan baik.

Baca Juga :   Bandara Kualanamu Kini Bisa Saingi Changi dan KLIA

“Korban saya baca dari berita yang ada, hendak mengantarkan keluarganya ke luar negeri. Lalu kejadian nahas itu terjadi, setelah sebelumnya korban panik, karena merasa terjebak di dalam lift,” tuturnya.

Head of Corporate Communication PT Angkasa Pura Aviasi Dedi Al Subur mengungkapkan, mayat perempuan itu ditemukan terjadi di bawah lift di Bandara Internasional Kualanamu, Deliserdang, Sumatera Utara. Diperkirakan, wanita itu terjatuh pada Senin, 24 April dan ditemukan tiga hari kemudian pada Kamis, 27 April 2023 sore.

Baca Juga :   Diprediksi Bandara Kualanamu akan Jatuh ke Tangan Asing

“Penemuan jasad diawali dengan laporan Petugas Avsec Bandara yang mencium bau tidak sedap di sekitar lift dan langsung melaporkan ke Petugas Teknisi, kemudian setelah di cek sekitar pukul 16.00 WIB oleh teknisi didapati jasad yang diduga berjenis kelamin perempuan berada di bawah lantai dasar lift,” ujar Dedi.

Adapun saat ini, PT Angkasa Pura Aviasi telah mendapat teguran dan evaluasi dari Ditjen Perhubungan Udara (Hubud). Salah satunya penghentian operasional lift tempat kejadian perkara (TKP. Selain itu, kasus ini tengah dalam penyelidikan Polsek Bandara Kualanamu, sementara penanganan korban dilakukan oleh Polresta Deliserdang. (den)

MIXADVERT JASAPRO