Mahfud MD: Selamatkan WNI di Kota Sudan adalah Kewajiban Pemerintah

Menko Polhukam Mahfud MD

JagatBisnis.comMenteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan pemerintah mempunyai kewajiban untuk menyelamatkan WNI dari Kota Sudan, Afrika Utara, usai konflik bersenjata yang terjadi.

“Kami menyelamatkan, itu kewajiban kami ke warga negara. Saya koordinasi terus dengan Menteri Luar Negeri,” kata Mahfud MD dalam keterangan resmi, Rabu (26/4/2023).

Dalam hal ini, Menteri Mahfud mengatakan pemerintah akan melakukan evakuasi WNI secara bertahap. Selain itu, dirinya juga terus mengikuti perkembangan terkait evakuasi tersebut.

Baca Juga :   Mahfud Minta Polisi Usut Sopir Fortuner Ngamuk di Jaksel

“Sekarang pemerintah sedang melakukan evakuasi terhadap WNI kita di Sudan. Kemudian, kedutaan besar sudah mengantisipasi dan saya mengikuti dari waktu ke waktu,” ungkap Mahfud.

Baca Juga :   Mahfud MD: Penerapan HAM Masih Menemui Banyak Masalah

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan, sebanyak 538 WNI sudah dievakuasi ke Kota Port Sudan. Mereka selanjutnya akan diberangkatkan ke Jeddah sebelum tiba di Indonesia.

Baca Juga :   Mahfud MD: Jangan Sampai Pemilu 2024 Timbulkan Perpecahan

“Saat ini ratusan WNI sedang beristirahat di rumah persinggahan di Kota Pelabuhan. Nantinya, WNI itu akan diberangkatkan menuju Jeddah melalui jalur laut,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO