BNPB: Cuaca Ekstrem, Dipastikan Tak Ganggu Arus Balik Lebaran 2023

JagatBisnis.comFenomena cuaca ekstrem terjadi tengah peningkatan arus mudik di wilayah Jawa-Madura, Bali, Sumatera dan Bali. Fenomena cuaca ekstrem tersebut seperti panas matahari, hujan badai, hingga angin kencang menjadi salah satu yang harus diwaspadai.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto menjelaskan,
cuaca ekstrem yang sedang terjadi saat ini dipastikan tidak akan mengganggu arus balik Lebaran 2023. Karena sebelumnya, pelaksanaan arus mudik Jawa-Madura, Sumatera, Bali berjalan lancar. Tidak ada kejadian terhambat oleh bencana.

“Kita ketahui bersama bahwa Januari hingga April ini di beberapa daerah masih turun hujan yang cukup lebat ada beberapa yang masih banjir, termasuk cuaca ekstrem yang dapat mengganggu perjalanan lewat laut dan udara tetapi tidak menghambat arus mudik,” kata Suharyanto saat meninjau Pelabuhan Bakauheni, Selasa (25/4/2023).

Baca Juga :   Cuaca Ekstrem, Kemenhub Keluarkan Maklumat untuk Pelayaran

Dia mengungkapkan, dengan adanya prediksi pergeseran cuaca ektrem dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menyebutkan akan terjadi perubahan dari musim hujan kepada musim panas, pihaknya meminta masyarakat atau pemudik untuk waspada.

Baca Juga :   Warga di NTT Diminta Waspada Hujan Petir Selama Tiga Hari

“Sebagai informasi, arus balik nanti cuaca berdasarkan prediksi BMKG tidak lebih baik memang akan bergeser dari musim hujan ke musim panas. Sehingga mungkin para masyarakat yang akan kembali arus baliknya akan mengalami cuaca yang panas,” terang dia.

Baca Juga :   BMKG: Cuaca Ekstrem Diprediksi Landa di 29 Daerah Jatim

Dia menambahkan, sebagai antisipasi pergeseran cuaca tersebut Tim gabungan baik dari BNPB, BNPD hingga TNI dan Polri telah membuat pos-pos di sepanjang jalur arus balik yang bisa digunakan masyarakat.

“Mudah-mudahan ini bisa diantisipasi karena terdapat pos-pos gabungan. BPBD, BNPB, TNI-Polri di sepanjang jalur mudik yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku perjalanan,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO