Wisata  

Desa Wisata Hotel TMII Bangun Kolaborasi dengan DPD PUTRI DKI dan 60 Biro Perjalanan Wisata

JagatBisnis.com –  Bergerak dari rasa kepedulian yang tinggi terhadap dunia pariwisata Indonesia
DPD PUTRI DKI Jakarta bersama Biro Perjalanan Lintas Asosiasi berkumpul, membuat gebrakan baru di momentum Ramadan.

Paska pandemi beragam upaya dilakukan oleh pengusaha perjalanan wisata dalam negeri dalam mempertahankan usahanya, selain muncul peluang dari geliat industri pariwisata di dalam negeri.

Sebanyak 60 Owner Biro Perjalanan Lintas Asosiasi yang berasal dari Jawa-Tengah dan Jawa-Timur melakukan Famtrip ke berbagai destinasi wisata di Jabodetabek.
Silaturahmi dan Kolaborasi DPD PUTRI DKI Jakarta Bersama Biro Perjalanan Lintas Asosiasi guna membahas agenda kerja sama. Utamanya bagaimana menumbuhkan kolaborasi antara pelaku usaha wisata di Jawa dengan pengurus usaha pariwisata di Jakarta.

Ketua I DPD PUTRI DKI Jakarta Dr. H. Zulfikar MSI., M. Hum menyampaikan, “Sebagai asosiasi pariwisata terdepan di Indonesia, PUTRI senantiasa mengedepankan kolaborasi dengan pelaku industri pariwisata untuk menjadikan Jakarta sebagai kota destinasi pariwisata global.”

“Kami berperan strategis dalam cakupan besar karena mengemban misi menjadikan Indonesia sebagai primadona pariwisata yang unggul di Asia. Hadirnya Famtrip Ramadan yang diikuti oleh 60 Owner Biro Perjalanan Lintas Asosiasi, kiranya dapat menjadi daya ungkit akan kemajuan industri pariwisata Indonesia yang berkelanjutan.”

Florentina Panti Direktur Operasional Hotel Desa Wisata menyampaikan, “Upaya untuku memaksimalkan peran Biro Perjalanan Wisata, serta pelaku usaha wisata di Jawa harus segera dilakukan dengan melakukan sejumlah inisiatif berkelanjutan.”

“Apalagi jelang momen mudik Lebaran yang mana aspek pariwisata budaya, kuliner serta faktor pendukung seperti transportasi memiliki peluang yang sangat baik. Karenanya butuh persiapan matang, penting untuk menghadirkan kolaborasi antar pelaku dan penyedia jasa layanan wisata agar dampak peluang ekonominya kian besar, “kata Flo.

Flo melanjutkan, “Kolaborasi menjadi unsur utama yang bisa memajukan pariwisata kota Jakarta. Kita dapat bersama-sama membangun kolaborasi, agar pencapaian destinasi yang menjadi pendorong ekonomi kreatif dapat tercapai, ” jelas Flo.

Kolaborasi, Kreativitas, Inovasi, Upaya Berkelanjutan

Mohammad Muchtar, Ketua rombongan Biro Perjalanan Wisata Jawa-Tengah sangat antusias bertemu, saring, serta upaya pembicaraan kerja sama dengan pelaku usaha pariwisata di Jabodetabek

“Kami sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh pihak DPD Putri Jakarta dalam rangka persiapan industri pariwisata paska pandemi. Hadirnya aksi, serta kolaborasi antar sesama pelaku pariwisata melalui program-program baru yang mendukung pergerakan wisata dalam negeri kiranya dapat menghasilkan sejumlah pencapaian.
Selain sharing rencana program, kami mendapatkan banyak penawaran menarik untuk beragam obyek wisata, serta fasilitas akomodasi, “ungkap Muchtar.

“Saat ini kami sedang berbenah usai dihantam pandemi. Kami bergerak bersama-sama dari kepedulian yang tinggi akan asa bagi dunia pariwisata Indonesia yang lebih baik. Kami optimis, iklim usaha pariwisata ke depan jadi lebih baik, bersama insan-insan kreatif yang mengutamakan kolaborasi antar pihak, “imbuh Muchtar.

Muchtar yang merupakan Owner Biro Perjalanan Wisata Klaten mengenang langkah kreatif yang dilakukannya.

“Saat pandemi, kami senantiasa melakukan kreativitas, serta inovasi agar usaha kami tetap berjalan. Saya sendiri menggulirkan program Coffee on The Bus sebagai upaya bertahan dengan mengedepankan marwah sebagai insan pariwisata yang mumpuni. Coffe on The Bus merupakan trip Klaten – Yogyakarta menggunakan bus yang mangkrak.”

“Sambil menikmati pemandangan kota, kami sajikan racikan kopi Jawa yang nikmat, breakfast dan snacking. Antusias masyarakat saat itu terbilang tinggi, dan pengusaha bus memperoleh penghasilan
hingga 25 juta sebulan, dari bus yang kami sewa,” terangnya. (jbo)

MIXADVERT JASAPRO