Begini Saran IDAI Agar Anak Tetap Nyaman Selama Perjalanan Mudik

JagatBisnis.comMasyarakat muslim Indonesia tidak lama lagi akan menyambut Lebaran Idul Fitri 2023. Dalam momen tersebut, banyak yang melakukan perjalanan mudik lebaran atau pulang ke kampung halaman. Terkait perjalanan mudik, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengingatkan para pemudik yang membawa serta buah hatinya agar tetap memberikan kenyamanan. Apalagi, bagi anak yang ikut menjalani ibadah puasa.

Ketua 3 Pengurus Pusat IDAI, dr. Bernie Endyarni Medise, mengungkapkan, memberikan rasa nyaman pada anak akan sangat membantu orang tua selama perjalanan mudik. Untuk itu agar tetap nyaman selama perjalanan, orang tua disarankan untuk membawa selimut dan pakaian salin untuk anak-anak. Selain itu, pastikan juga pakaian yang digunakan dapat menyerap keringat dengan baik.

“Bila menggunakan mobil sendiri bisa membawakan selimut khusus, begitu juga dengan kendaraan lainnya. Apalagi, kalau perjalanannya panjang dan kemungkinan menggunakan AC, kita harus menyiapkan pakaian untuk suasana dingin seperti jaket, topi dan selimut. Kemudian juga baju yang digunakan harus nyaman menyerap keringat, tidak lupa bawa baju ganti,” kata dr. Bernie dalam media briefing Puasa pada Anak secara online, dikutip Sabtu (8/4/2023).

Baca Juga :   Daftar Mudik Gratis 2023 Bus Kemenhub Resmi Dibuka

Selain itu, lanjut dia, perlu juga buat orang tua untuk mempersiapkan atau memberikan hiburan, berupa mainan atau buku kesukaan anak. Karena dalam perjalanan jauh terkadang membosankan bagi anak. Sehingga bisa mengalihkan perhatian anak supaya tidak bosan dan memikirkan puasanya,” terang dr. Bernie.

Baca Juga :   Persiapan Matang Polri Untuk Menyambut Pemudik Di Jalanan

Menurut dia, hal lagi yang tidak kalah penting adalah asupan anak ketika berbuka dan sahur, mengingat kondisi anak yang sedang berpuasa. Jangan memperlihatkan makanan di hadapan anak. Karena bisa menggugah selera, tapi makanan bisa disimpan dulu.

Baca Juga :   BNPB Siapkan Strategi Antisipasi Dampak Bencana saat Mudik Lebaran

“Apabila menggunakan mobil pribadi bisa setop di beberapa tempat menarik sekadar meregangkan badan dan melanjutkan perjalanan kembali,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO