Ketenaran Presiden Kita Negeri Jazirah Arab Saudi

JagatBisnis.com  – Bagi para jemaah Haji atau Umroh ke tanah suci terutama kota Makkah dan Madinah selain ibadah yang khusyu tentu ada hal lain yang kalau bisa dibilang bahwa ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi kita rakyat Indonesia apabila berbelanja di pusat perbelanjaan disana bahwa nilai rupiah kita ternyata diakui oleh mereka di banding mata uang asing lain termasuk dollar AS yang sering terucap disana adalah mata uang kita denga istilah uang Jokowi.

Presiden Jokowi ternyata punya ketenaran luar biasa di kawasan Arab Saudi. Bahkan nama Jokowi sampai menggantikan rupiah. Bagaimana ceritanya?

Jadi begini, bagi para jemaah umrah asal Indonesia yang pergi ke Arab Saudi sudah biasa menyebut uang rupiah dengan “uang Jokowi”. Ini karena pedagang-pedagang yang bertebaran di Makkah, Madinah, dan kota lain yang biasa didatangi jemaah dari Indonesia menyebut rupiah dengan “uang Jokowi” atau “Jokowi”.

Baca Juga :   Jokowi Deretan Paling Teratas Capres Opsi Relawan, Disusul Sandiaga

Soal pedagang di Arab Saudi menyebut uang rupiah dengan “uang Jokowi” ini videonya juga viral di media sosial dan menjadi perbincangan.

Kami juga sempat menanyakan ke salah seorang warga Indonesia yang baru saja umrah. Menurut Nastiti, yang baru dua pekan pulang umrah ini, uang rupiah di Saudi memang biasa disebut dengan Jokowi.

Baca Juga :   Robot Cerdas Kini Digunakan untuk Bantu Bersihkan Masjidil Haram

“Misal kalau kita ke money changer untuk menukar rupiah dengan riyal, bilangnya ‘change 100 ribu Jokowi’,” kata Nastiti, Rabu (5/4).

Kata Nastiti, uang Jokowi lebih familier di kalangan pedagang di sana, jadi jemaah umrah asal Indonesia mengikuti kebiasaan pedagang.

Padahal, dengan memakai rupiah kadang harga barang lebih mahal dibanding jika memakai riyal.

“Mereka sebut rupiah dengan Jokowi. Jadi kalau misal beli sajadah 10 riyal, dan kita enggak punya duit riyal, kita bisa bayar dengan uang (rupiah) 50 ribu Jokowi. Itu pedagang di sana malah senang, kan untung 10 riyal itu, kan, sebenarnya cuma Rp 40 ribu,” beber Nastiti.

Baca Juga :   Mulai 1 November, Calon Jemaah Umrah Indonesia Wajib Bebas Covid-19

Penyebutan uang rupiah dengan Jokowi ini sudah umum di Arab Saudi. Semua pedagang di Jabal Tsur dan Jabal Rahmah di Makkah, menerima uang rupiah alias ‘uang Jokowi’.

“Intinya uang Jokowi lebih terkenal dari uang rupiah,” tutup Nastiti sambil tertawa. (den)

MIXADVERT JASAPRO