Ternyata Ini Penyebab Fenomena Awan Berbentuk UFO di Langit Hawaii

JagatBisnis.comSejumlah awan berbentuk piring terbang mirip UFO menghiasi langit Hawaii, tepat di atas gunung berapi Mauna Kea dan Mauna Loa. Fenomena itu dikenal sebagai awan lenticular.

Dari sejumlah foto pada Rabu (8/3/2023) lalu, awan lenticular terbentuk diamati secara dari dari Observatorium WM Keck, di dekat puncak gunung berapi aktif Mauna Kea di Hawaii. Awan lenticular, biasanya terbentuk oleh angin bukit atau gunung yang angin kencang bertiup di atas dan di sekitar medan yang kasar.

“Kami melihat beberapa (awan) UFO hari ini! Foto-foto menakjubkan awan lenticular berbentuk piring terbang yang melayang di dekat Maunakea dan Mauna Loa,” tulis Observatorium MW Keck melalui Twitter dikutip dari laman Space, Kamis (16/3/2023).

Baca Juga :   Fenomena Alam Awan Berbentuk UFO Gemparkan Turki

Awan lenticular, secara ilmiah dikenal sebagai altocumulus standing lenticularus. Secara umum awan lenticular terbentuk di troposfer, lapisan terendah atmosfer Bumi, sejajar dengan arah angin yang membuatnya tampak seperti benda asing.

Baca Juga :   Bandara Pulkovo, Rusia Setop Penerbangan Gegara Kemunculan 'UFO'

Menurut laporan Layanan Cuaca Nasional, awan lenticular ini cukup umum terjadi di bagian barat daratan karena terdiri dari Pegunungan Rocky. Namun, untuk wilayah Hawaii, fenomena awan lenticular jarang terjadi.

Awan yang tampak aneh ini terkadang disalahartikan sebagai UFO karena bentuknya yang halus seperti piring. Awan itu terbentuk di dekat Mauna Loa dan Mauna Kea yang mencapai ketinggian di atas 13.000 kaki atau 3.960 meter.

Baca Juga :   Fenomena Tanah Terbelah di Cianjur

Awan lenticular terbentuk karena angin kencang dipaksa mengalir di atas dan di sekitar puncak gunung berapi. Kemudian, pada gilirannya, menciptakan gelombang di atmosfer tepat di bawah angin dari kedua puncak. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO