BNPB: Prioritaskan Cari Warga yang Hilang di Pulau Serasan Natuna

JagatBisnis.comSebanyak 35 warga masih dinyatakan hilang sejak terjadinya tanah longsor di Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, pada Senin (6/3/2023) hingga Rabu (8/3/2023). Para warga yang hilang itu diduga masih tertimbun material longsoran dengan kedalaman hingga 4 meter. Untuk itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta kepada tim gabungan agar memprioritaskan pencarian warga terdampak longsor di Serasan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

Baca Juga :   BNPB Luncurkan Gerakan Mobil Masker Perkuat Prokes

Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto menjelaskan, tim gabungan dari TNI, Polri, Basarnas, BPBD dan relawan untuk terus melakukan upaya pencarian, pertolongan dan evakuasi. Ia juga meminta agar hal itu diprioritaskan hingga batas yang ditentukan pada masa tanggap darurat.

“Bagi 35 warga yang masih dinyatakan hilang, kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk ditemukan,” katanya, dalam keterangan, Kamis (9/3/2023).

Baca Juga :   BNPB Kirim Bantuan Logistik ke Lokasi Erupsi Gunung Semeru

Dia memastikan, personel tim satgas gabungan akan ditambah, karena medan cakupan yang terdampak tanah longsor cukup luas dan memerlukan lebih banyak lagi anggota. Selain itu, pihaknya dan Basarnas serta Brimob juga akan mengupayakan anjing pelacak agar proses pencarian, pertolongan dan evakuasi dapat lebih maksimal.

Baca Juga :   BNPB: 165 Warga Blitar Mengungsi Akibat Pergerakan Tanah

“Kendala utama dalam proses pencarian, pertolongan dan evakuasi adalah faktor cuaca. Dalam kurun waktu sepekan terakhir, kondisi cuaca di Pulau Serasan selalu turun hujan hampir sepanjang hari dengan intensitas ringan hingga tinggi. Kondisi tersebut tentunya tidak memungkinkan untuk dilakukan proses pencarian sehingga harus dihentikan sementara,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO