Ada Program Angkutan Motor Gratis Buat Mudik

JagatBisnis.comDengan berakhirnya masa PPKM saat ini membuat animo masyarakat untuk mudik merayakan Hari Raya Idul Fitri sudah dapat di perkirakan akan meningkat pesat, segala jenis alat transportasi akan digunakan untuk bisa pulang ke kampung untuk merayakan hari kemenangan bersama keluarga

Apapun moda transportasinya mulai dari kendaraan roda empat, tiga bahkan roda dua menjadi pilihan masyarakat untuk bisa berlebaran bersama sanak saudara.

Terkait dengan hal itu, guna menekan angka pemudik yang menggunakan sepeda motor, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali mengadakan Program Angkutan Motor Gratis (motis) lebaran 2023.

“Kami siapkan 10.440 slot motor secara gratis, jauh lebih banyak dari tahun lalu, karena kondisi Covid-19 saat ini sudah jauh lebih kondusif,” ujar Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Djarot Tri Wardhono.

Selain untuk menekan angka pengguna sepeda motor, program ini juga sebagai bentuk dukungan angkutan lebaran 2023.

Jadwal Pendaftaran
Bagi masyarakat yang akan mengikuti program tersebut berikut jadwal pendaftarannya.

– Pendaftaran : 1 Maret-3 Mei 2023

– Angkutan mudik : 11-20 April 2023
Angkutan balik : 25 April-4 Mei 2023

Ketentuan daftar program Motis 2023
1. Peserta wajib sudah menerima vaksin booster satu.

2. Memiliki KTP, Kartu Keluarga dan SIM C.

3. Wajib melakukan verifikasi ke posko sesuai dengan waktu yang dipilih saat mendaftar.

4. Motor berkapasitas mesin maksimal 200 cc.
Wajib memiliki bukti mudik menggunakan moda transportasi lainnya.

6. Sepeda motor diserahkan H-1 atau satu hari sebelum jadwal keberangkatan.

7. Tidak diizinkan untuk menitipkan helm dan memasang kaca spion.

8. Sepeda motor tidak boleh diisi BBM saat penyerahan (BBM harus kosong).
Masyarakat dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti program tersebut melalu situs resmi https://mudikgratis.dephub.go.id/ atau melalui beberapa stasiun tertentu.

Terdapat tiga rute perjalanan kereta api dan sejumlah stasiun yang dilewati dalam program Motis 2023.

Rute perjalanan pertama adalah lintas utara yaitu Cilegon-Semarang Tawang yang melewati Stasiun Cilegon, Stasiun Kampung Bandan, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, dan Semarang Tawang.

Sedangkan untuk rute perjalanan kedua merupakan lintas tengah yaitu Jakarta Gudang-Purwosari, yang melewati Stasiun Kampung Bandan, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, dan Stasiun Purwosari.

Untuk Rute perjalanan ketiga adalah lintas selatan yaitu Kiaracondong-Purwosari yang melewati Stasiun Kiaracondong, Stasiun Tasikmalaya, Stasiun Sidareja, Stasiun Kroya, Stasiun Gombong, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, dan Stasiun Purwosari. (den)

MIXADVERT JASAPRO