Simak Penjelasan, 4 Perbedaan Film dan Sinetron

JagatBisnis.com –  Perbedaan film dan sinetron sebenarnya sangat jelas terlihat, apabila diperhatikan lebih jeli. Meskipun sama-sama menyuguhkan hiburan berupa akting para pemain, tetap saja film dan sinetron punya perbedaan yang mencolok.

Agar tidak bingung mengenai perbedaan film dan sinetron, simak penjelasan berikut ini, dikutip dari berbagai sumber, Sabtu (18/2/2023):

1. Penayangan Berbeda
Perbedaan antara film dan sinetron bisa dilihat dari penayangannya. Seperti namanya, sinetron adalah singkatan dari Sinema Elektronik yang tentu saja sejak awal langsung tayang di televisi.

Baca Juga :   Tawaran Warner Bros untuk Perankan Superman Kembali Ternyata Ditolak Henry Cavill

Jika mengikuti KBBI pun, Sinetron diartikan sebagai film yang dibuat khusus untuk penayangan di media elektronik, seperti televisi.

Lain halnya dengan film yang tujuan awalnya untuk tayang di bioskop, meskipun pada akhirnya film bisa diakses melalui layanan streaming atau tayang juga di televisi.

Baca Juga :   Ada Konten LGBT, Film Lightyear Dilarang Tayang di 14 Negara Termasuk Indonesia

2. Plot Berbeda
Antara film dan sinetron terdapat perbedaan dari segi plot. Sinetron punya plot utuh yang kemudian dibagi lagi menjadi beberapa episode. Terkadang, dalam penyampaiannya pun berbelit-belit untuk membuat penonton penasaran dan menunggu episode selanjutnya.

Sedangkan film alur cerita film lebih singkat, namun tetap memasukkan pesan-pesan penting yang ingin disampaikan.

3. Perbedaan Akting
Ketika melihat lebih dekat, sebenarnya ada perbedaan akting film dan sinetron. Film umumnya lebih detail, logis, dan berusaha serealistis mungkin walaupun tetap dramatis.
Tapi sinetron, akting para pemain cenderung sangat dramatis.

Baca Juga :   Perankan Dewi Api, Begini Penampakan Dian Sastro di Film Sri Asih

4. Durasi Berbeda
Durasi antara film dan sinetron juga berbeda. Satu episode sinetron umumnya hanya sekitar satu jam dan punya jadwal tayang yang rutin. Adapun sebuah rata-rata film berdurasi lebih dari satu atau dua jam. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO