Tim Biawak Mulai Bersihkan Sampah dari Kali Pisangan Bekasi

JagatBisnis.com –  Tim Biawak mulai membersihkan sampah yang menumpuk di aliran Kali Pisangan, Desa Satria Meka, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Rabu (15/2/2023). Volume sampah diperkirakan mancapai 90 ton.

“Petugas kita kerahkan sebanyak 18 personel Tim Biawak, dibantu personel dari Dinas Sumberdaya Air Provinsi Jawa Barat untuk melakukan evakuasi sampah di lokasi,” ujar Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) II Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Sumardi, Rabu (15/2/2023).

Menurut dia, pembersihan sampah dilakukan pasca adanya aduan mengenai sampah yang menyumbat aliran kali. Tumpukan sampah aliran Kali Pisangan ini sempat viral. Sampah menumpuk hingga sepanjang 500 meter.

Baca Juga :   Pengunjung yang Buang Sampah di Taman Pontianak akan Didenda

“Proses pembersihan sampah dilakukan secara manual. Karena lokasinya yang tidak bisa dilalui oleh kendaraan alat berat. Proses pembersihan sampah diperkirakan berlangsung hingga tiga hari ke depan,” ungkapnya.

Baca Juga :   Meski Sudah Dianggarkan, Sampah Tetap Saja Menumpuk

Agar kebersihan Kali Pisangan tetap terjaga, Sumardi mengimbau kepada masyarakat setempat agar tidak membuang sampah sembarangan.

Baca Juga :   Pembuang Sampah Sembarangan Diburu Pakai Drone, Pelaku Didenda Rp500 Ribu

“Peran masyarakat dalam menjaga lingkungan ini penting agar peristiwa tumpukan sampah ini tidak kembali terulang,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO