Pemerintah Bentuk Tim Pengiriman Bantuan untuk Gempa Turki, Koordinasi di Bawah BNPB

JagatBisnis.comPemerintah saat ini mengupayakan percepatan pengiriman bantuan kemanudiaan Search and Rescue (SAR) dan logistik untuk gempa Turki. Salah satu upaya percepatannya, dengan membentuk tim pengiriman bantuan. Tim tersebut berkoordinasi di bawah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, pembentukan ini sejalan dengan instruksi Presiden Jokowi yang meminta percepat bantuan ke Turki dan Suriah.

“Intinya Presiden memberikan perintah kepada kami untuk mengkoordinasikan bantuan ke Turki dan Suriah secepat mungkin,” tegas Muhadjir,
dalam keterangannya, Kamis (9/2/2023).

Baca Juga :   BNPB: Optimistis Dapat Cegah Covid-19 Gelombang Ketiga

Menurut dia, tim bantuan tersebut akan terdiri dari Tim Emergency Medical Team (EMT), berupa tenaga medis dikoordinasikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Tim Middle Urban Search and Rescue (MUSAR) dikoordinasikan oleh Basarnas.

Baca Juga :   Masyarakat Diminta Tak Sebarkan Info tentang Merapi Selain dari BPPTKG

Sementara itu, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono menjelaskan, pihaknya telah membentuk EMT yang merupakan tim medis darurat atau emergency yang diturunkan untuk membantu menangani korban di lokasi bencana.

“Untuk minggu pertama, layanan yang paling penting adalah gawat darurat dan prosedur bedah karena korban gempa banyak yang patah tulang dan perlu dioperasi karena luka. Kemudian untuk minggu kedua adalah penanganan penyakit menular dan penyakit kronik yang berkaitan dengan situasi kondisi tempat pengungsian yang tidak higienis,” paparnya.

Baca Juga :   BNPB: 165 Warga Blitar Mengungsi Akibat Pergerakan Tanah

Dia menambahkan, pihaknya akan memberangkatkan 6,8 ton logistik kesehatan yang akan dikirimkan sesuai perencanaan prosedur medik yang telah direncanakan pada minggu pertama dan kedua. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO