Mendagri: Pentingnya Menjaga Keutuhan Wilayah Perbatasan

JagatBisnis.comMenteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang juga Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menekankan pentingnya menjaga keutuhan wilayah perbatasan. Bahkan satu karang pun harus tetap dijaga.

“Jangankan satu pulau yang sebesar Pulau Rondo itu, satu karang saja di luar terluar itu menjadi titik penting yang bisa menjadi batas penentuan antarnegara,” kata Mendagri, saat mendampingi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan melakukan kunjungan kerja (kunker) di wilayah perbatasan Pulau Rondo dan Lokasi Prioritas (Lokpri) Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Aceh, Kamis (22/12/2022).

Dia menjelaskan, dalam upaya menjaga wilayah perbatasan, pihaknya mendorong jajaran pemerintah pusat dan daerah untuk bekerja sama di bawah arahan Menko Polhukam selaku Ketua Pengarah BNPP. Diharapkan langkah tersebut semakin memperkokoh kedaulatan NKRI.

Baca Juga :   Kemendagri Dukung Indonesia Melukis 1.000 Wajah Raih Rekor MURI

“Apalagi, salah satu tugas BNPP menjaga keutuhan wilayah perbatasan, termasuk dalam upaya penyelesaian segmen dan sengketa di wilayah perbatasan. Selain itu, menjaga pelaksanaan operasional pos lintas batas negara. Karena ada beberapa pos lintas batas yang dibangun pada masa Presiden Jokowi yang menjadi teras. Karena lebih baik dibanding dengan pos lintas batas negara sebelah, ini juga menjadi tugas badan ini (BNPP),” paparnya.

Baca Juga :   COVID-19 Meningkat, PPKM Level 1 Diperpanjang

Mantan Kapolri ini menegaskan, tugas berikutnya, yakni membangun daerah perbatasan yang sejalan dengan konsep membangun Indonesia dari pinggiran. Upaya itu dilakukan dengan membangun daerah di titik sentral yang ada di kecamatan. (*/eva)