Harga Beras Indonesia Disebut Termahal se-ASEAN, Ini Kata Wapres

JagatBisnis.com –  Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menanggapi kabar terkait harga beras di Indonesia yang disebut-sebut tertinggi dibanding negara-negara lainnya di kawasan Asia Tenggara atau ASEAN. Bank Dunia (World Bank) sebelumnya merilis laporan Indonesia Economic Prospect (IEP) edisi Desember 2022, dan menyebut harga beras di Indonesia tertinggi se-ASEAN.

Baca Juga :   Penuhi Undangan Raja Salman, Ma'ruf Berangkat Haji hingga 13 Juli 2022

“Kalau mau menilai harga beras itu harus dirata-rata. Jadi ketika murah, ketika naik, itu dirata-rata menjadi berapa,” kata Wapres di sela menghadiri acara di Nusa Dua, Bali, Kamis (22/12/2022).

Wapres menegaskan, harga beras di Indonesia bukan yang termahal. Namun bukan juga yang termurah, jika dibandingkan dengan negara ASEAN lain.

Baca Juga :   Susi Pudjiastuti Sebut Impor Garam Bikin Harga Petani Indonesia Hancur

“Jadi dilihat dari indikasi secara keseluruhan, Indonesia tidak yang termahal. Mungkin juga bukan yang termurah, tapi agak murah di atas yang termurah mungkin. Ya antara itu, tapi bukan yang termahal,” tegasnya. .

Baca Juga :   Ini Kata Wapres Ma'ruf Amin Soal Ricuh Munas HIPMI di Solo

Wapres menerangkan, pemerintah telah melakukan langkah-langkah pengadaan untuk menjaga stok beras yang berkualitas. Sehingga, distribusi beras juga lancar. Bahkan, selama dua tahun Indonesia berhasil swasembada beras dan tidak melakukan impor.

“Sekarang pun sebenernya cukup. Jadi ada impor itu untuk cadangan,” imbuhnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO