KAI Siapkan Ribuan Personel Amankan Operasi Nataru 2023

JagatBisnis.com-PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero, melakukan persiapan di berbagai sektor angkutan guna menyambut hari libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Salah satu sektor yang dipersiapkan adalah sektor pengamanan dengan menyiagakan 3.943 petugas pengamanan gabungan internal dan eksternal.

“Ribuan personel itu bertugas melakukan pengamanan di atas kereta api (KA), stasiun serta sepanjang jalur kereta. Untuk pengamanan di atas KA akan dilakukan oleh Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) yang memastikan keamanan seluruh pelanggan di sepanjang perjalanan,” kata VP Public Relations KAI, Joni Martinus, yang dilansir dari laman resmi kai.id, Minggu (18/12/2022).

Dia menjelaskan, dalam upaya menyukseskan mengenai angkutan Nataru 2022-2023, pihaknya juga akan menerapkan pada setiap stasiun pengamanan yang intens saat periode tersebut. Para petugas akan mengondisikan ketertiban pengguna di saat proses pengecekan tiket atau boarding, mensterilkan dan mengatur alur pelanggan di tiap zona stasiun, memastikan penerapan protokol kesehatan serta pengamanan tertutup di stasiun rawan gangguan keamanan dan ketertiban guna mencegah tindak kriminalitas.

Baca Juga :   Jalur KA Mak Itam Mulai Diperbaiki

“Kami juga melengkapi para personelnya selama operasi Nataru dengan penambahan personel serta penggunaan metal detector dan inspector mirror di stasiun besar tertentu untuk mengantisipasi tindakan terorisme,” ujarnya.

Baca Juga :   Tahun 2023, KAI Terapkan Pemindah Wajah di Boarding Gate untuk KAJJ

Selain pada kereta dan stasiun, lanjut dia, pengamanan juga dilakukan di sepanjang jalur KA yang rawan tindak kejahatan. Titik rawan yang dimaksud yaitu pelamparan batu, sabotase, aktivita masyarakat sekitar rel kereta dan sebagainya.

Baca Juga :   KAI Tingkatkan Keamanan dan Ambil Jalur Hukum Terhadap Kasus Pelecehan

“Kami berkomitmen untuk meningkatkan pengawasan dan pengamanan saat Angkutan Natal dan Tahun Baru 2022/2023. Harapannya, pelanggan dapat melakukan perjalanan dengan kereta api dengan ceria, aman, dan nyaman,” tutup Joni. (*/eva)