Tahun 2023, KAI Terapkan Pemindah Wajah di Boarding Gate untuk KAJJ

JagatBisnis.com-PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI akan memberikan fasilitas pemindai wajah alias Face Recognition di Boarding Gate. Hal itu dilakukan untuk mempermudah pelanggan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang ingin naik (KA) tanpa perlu repot-repot menunjukan berbagai dokumen, seperti boarding pass fisik, e-boarding pass, KTP, ataupun dokumen vaksinasi. Rencananya, fasilitas tersebut akan berlaku mulai tahun 2023 mendatang.m.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, pihaknya telah melakukan uji coba fasilitas Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Bandung. Hal itu untuk memastikan dan menyempurnakan layanan inovatif terbaru ini.  Ditargetkan pada awal tahun 2023, layanan ini sudah bisa diterapkan di seluruh stasiun KA Jarak Jauh di berbagai daerah.

“Untuk menikmati fasilitas terebut, pelanggan harus melakukan satu kali registrasi di awal yang berlaku untuk selamanya. Registrasi dilakukan dengan menempelkan e-KTP pada alat e-KTP Reader, kemudian menempelkan jari telunjuk kanan atau kiri pada pemindai yang ada di e-KTP reader.
Apabila sudah melakukan registrasi, pelanggan tak perlu melakukan cetak boarding pass,” ujarnya, Sabtu (1/10/2022).

Baca Juga :   Hingga Agustus, Ada 188 Kasus Pelintasan Sebidang

Dia menjelaskan, pelanggan dapat langsung menuju ke Face Recognition Boarding Gate, jika waktunya sudah mendekati jam keberangkatan. Pelanggan cukup mengarahkan wajah ke mesin pemindai dan jika data tiket, identitas, dan syarat vaksinasi sudah sesuai, maka gate akan otomatis terbuka.

Baca Juga :   Jangan Lempar Batu Apalagi Tembak Senapan Angin ke KRL, Bisa Disanksi 15 Tahun

“Cukup 1 detik waktu yang dibutuhkan untuk memastikan wajah pelanggan dan proses verifikasi seluruh data yang tersimpan di sistem KAI. Hal tersebut akan sangat mempermudah pelanggan dan memperlancar antrean proses boarding,” papar Joni.

Baca Juga :   Optimalisasi Aset, PT Kai Jual Nama-nama stasiun Bersejarah

Joni menuturkan, saat ini layanan registrasi telah tersedia di Hall Utara Stasiun Bandung. Registrasi dapat dilakukan di Customer Service, Vending Machine, ataupun Check in Counter yang telah dilengkapi e-KTP reader.

“Ke depan akan dikembangkan registrasi online melalui aplikasi KAI Access. Bagi pelanggan yang tidak dapat melakukan registrasi karena tidak memiliki e-KTP atau e-KTP nya dalam keadaan rusak, tidak perlu khawatir karena KAI masih menyediakan layanan boarding manual di Stasiun Bandung,” tutup Joni. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO