BMKG Prediksi Hujan Ekstrem Terjadi saat Libur Nataru

Ilustrasi hujan Foto: iNews.id

JagatBisnis.comBadan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem terjadi saat perayaan Natal 2022 dan libur Tahun Baru 2023. Itulah masa-masa fase puncak musim hujan periode ini.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan, meskipun saat ini La Nina masih moderat dan menuju lemah, peluang peningkatan intensitas hujan masih mungkin terjadi. Puncak musim hujan diprediksi terjadi pada Desember 2022-Januari 2023. Selain itu, puncak musim hujan diprediksi mulai Desember hingga Januari, sehingga saat tahun baru atau Natal dikhawatirkan terjadi puncak musim hujan.

“Berdasarkan prediksi kami, curah hujan kategori tinggi hingga sangat tinggi diprakirakan terjadi pada dasarian ketiga Desember. Dasarian ketiga itu artinya, mulai tanggal 21-31 Desember diprediksi terjadi curah hujan lebih dari 150 milimeter per 10 hari,” kata Dwikorita dalam Raker dan RDP Komisi V DPR di Gedung DPR Jakarta, Selasa (13/12/2022).

Baca Juga :   Jaksel dan Jaktim Hari Ini Diprediksi Hujan

Dia menerangkan, hujan tersebut bisa terjadi di sebagian Banten, sebagian kecil Ja Barat, sebagian Jawa Tngah, sebagian kecil Kalimantan Barat dan sebagian Sulawesi Selatan bagian barat. Namun, yang perlu diantisipasi dari curah hujan 150 milimeter per 10 hari, dengan adanya dampak perubahan iklim global yang harusnya merata turun 10 hari itu bisa langsung turun hanya dalam beberapa jam. Sehingga itu berpotensi menjadi hujan ekstrem.

Baca Juga :   Dua Kecamatan di Bandung Terendam Banjir

“Itu lah yang perlu kami waspadai dengan menyiapkan peringatan dini. Karena sifat hujan di atas normal, artinya lebih basah atau curahnya lebih tinggi dari normal. Ini diprediksi dapat terjadi di sebagian Banten, sebagian kecil Jawa Barat, sebagian kecil Jawa Timur (Jatim), sebagian Nusa Tenggara Barat (NTB), sebagian Kalimantan Timur, sebagian Sulawesi Selatan bagian barat, sebagian Sulawesi tenggara, sebagian Sulawesi tengah, sebagian Maluku dan sebagian Papua,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO