Dirjen Dukcapil Kemendagri Kambali Raih Penghargaan Internasional

JagatBisnis.com-Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh kembali meraih penghargaan dari lembaga internasional. Pria yang memasuki tahun ke-8 menjabat sebagai Dirjen Dukcapil ini mendapatkan Honorable Mention dari Future of Government Awards.

Penghargaan ini diberikan kepada tokoh pemerintahan yang berhasil melakukan transformasi digital dalam pemerintahan dan pelayanan publik dan berdampak positif nyata bagi masyarakat.

Nominasi penghargaan ini dievaluasi oleh komite yang terdiri dari 17 ahli di bidang teknologi digital, organisasi internasional dan pemerintahan dari berbagai negara, yakni Singapura, Italia, Amerika Serikat, Britania Raya, dan lainnya.

Baca Juga :   Mendagri Apresiasi Pemprov Maluku Utara Catat Inflasi Terendah di RI

Dikutip dari futureofgovernment.com, Minggu (27/11/2022), hanya 10 kandidat yang terpilih masuk dalam shortlist penghargaan yang dipilih dari seluruh nominasi yang berasal dari seluruh dunia.

Baca Juga :   Diperkirakan 206 Juta Penduduk Indonesia Akan Ikut Pemilu 2024

Dirjen Zudan berhasil mendapatkan Honorable Mention dalam kategori “Digital Innovator of the Year” berkat keberhasilannya mempelopori transformasi digital di Dukcapil, sejak dia menjadi Direktur Jenderal pada 2015.

Zudan pun diketahui menginisiasi program Dukcapil Go Digital yang berfokus pada 14 inistiatif seperti memodernisasi Kartu Keluarga, dan dokumen kependudukan lainnya dengan pembubuhan kode QR, penggunaan Tanda Tangan Elektronik di dalam organisasi Dukcapil untuk pemroses dokumen kependudukan.

Baca Juga :   Kemendagri: Keterbukaan Informasi Publik, Tanggung Jawab Bersama

Selain itu, mendorong pemanfaatan data kependudukan untuk pelayanan sektor publik dan swasta yang lebih aman dan terpercaya. (*/eva)