Perpres Logistik Pemilu 2024 Segera Diterbitkan

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian Foto: Republika

JagatBisnis.com – Presiden Jokowi bakal menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) mengenai Logistik Pemilu 2024. Mendagri Tito Karnavian memastikan perpres tersebut bakal mengatur secara rinci pengadaan logistik pemilu.

Tito menyebutkan, Jokowi telah memberi instruksi untuk menyiapkan regulasi pengadaan logistik. Dirinya bersama Menko Polhukam ditunjuk untuk menyusun regulasi yang dibutuhkan dan tidak bertentangan dengan peraturan hukum.

“Bapak Presiden siap untuk menyusun peraturan presiden yang spesifik mengenai pengadaan logistik Pemilu,” kata Tito dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR, Jakarta, Rabu (13/4/2022).

Baca Juga :   Pemda Diminta Tekan Inflasi Agar Warga Tak Panik

Menurut Tito, salah satu tantangan dalam menyelenggarakan pemilu adalah pengadaan logistik. Tidak jarang terdapat kendala dalam masalah lelang yang memakan waktu lama.

Dalam kesempatan itu, Tito juga meminta penyelenggara pemilu untuk menghitung anggaran seefektif dan efisien mungkin. Pemerintah mendorong adanya efisiensi anggaran dalam pelaksanaan Pemilu 2024 yang digelar serentak.

Baca Juga :   Kemendagri-KBRI Tokyo Buka Layanan kependudukan Bagi WNI di Jepang

“Kita masih dalam tahap pemulihan ekonomi, masih banyak yang terdampak, banyak program strategis nasional (PSN) di daerah yang belum terselesaikan. Ini juga memerlukan biaya,” kata Tito.

Tito juga menyinggung pentingnya faktor keamanan dalam penyelenggaraan pemilu. Faktor keamanan yang dimaksud bukan hanya sebatas kepada peserta maupun penyelenggara pemilu, namun bagi masyarakat umum.

Baca Juga :   Kemendagri Diminta Bubarkan Ormas yang Sering Berkelahi

Dengan begitu, pemerintah mendorong penyelenggaran pemilu dilakukan secara cermat pada tiap tahapannya. Dimulai dari penganggaran hingga pada tahap keamanan.

“Kita belajar pada tahun 2019, masa kampanye hampir 7 bulan. Kita melihat ada politik identitas, politik SARA, dan itu rawan,” kata Mendagri. “Jangan sampai rakyat berkonflik untuk saling menghancurkan karena adanya perbedaan,” lanjutnya. (pia)

MIXADVERT JASAPRO