Mendagri Apresiasi Pemprov Maluku Utara Catat Inflasi Terendah di RI

JagatBisnis.com –  Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi secara virtual, Senin (7/11/2022). Acara tersebut diikuti oleh seluruh kepada daerah of Indonesia.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian memberikan apresiasi kepada Gubernur Maluku Utara yang tercatat sebagai provinsi dengan inflasi paling rendah di Indonesia.

“Maluku Utara ini memiliki penurunan angka inflasi 3,23 persen, bahkan menjadi terendah di seluruh provinsi di Indonesia. Terima kasih teman-teman di Maluku Utara,” kata Tito dalam keterangan tertulis, Senin (7/11/2022).

Baca Juga :   Kemendagri: Tidak Ada Denda Terlambat Mengurus Dokumen

Ia pun meminta atensi Gubernur Sumatera Barat yang mencatatkan angka inflasi cukup tinggi. Adapun tingkat inflasi daerah tersebut periode Oktober 2021 ke Oktober 2022 sebesar 7,87 persen.

“Saya paham, meskipun Pak Gubernur Sumatera Barat ini sudah banyak sekali melakukan intervensi-intervensi di lapangan, tapi mungkin ada beberapa kendala yang dihadapi sehingga mungkin memerlukan dukungan dari pusat,” jelasnya.

Baca Juga :   Kemendagri Buka Peluang Sama dengan DPRD DKI Terkait Usulan Calon Pj Gubernur DKI

Menurutnya, inflasi di Sumatera Barat dipicu oleh kenaikan harga beras dan sejumlah komoditas pangan lainnya. Padahal di satu sisi, produksi beras Sumbar termasuk surplus. Kenaikan itu dipicu oleh tingginya permintaan dari daerah tetangga seperti Riau dan Kepulauan Riau karena harga jual relatif lebih tinggi. Imbasnya banyak petani atau pengusaha menjual berasnya di daerah tetangga.

Baca Juga :   Aturan Baru, Nama Anak di KTP Minimal 2 Kata

“Saya paham, meskipun Pak Gubernur Sumatera Barat ini sudah banyak sekali melakukan intervensi-intervensi di lapangan, tapi mungkin ada beberapa kendala yang dihadapi sehingga mungkin memerlukan dukungan dari pusat,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO