Gempa Cianjur, Desa Wisata Situs Gunung Padang Alami Kerusakan 5 Persen

JagatBisnis.comDesa Wisata Situs Gunung Padang menjadi salah satu yang terdampak gempa bumi Cianjur, Senin (21/11/2022), lalu. Namun walaupun terdampak gempa bumi, kerusakan yang dialami Desa Wisata tersebut sekitar 5 persen.

“Saya diberitahu Kadis Pariwisata Cianjur, sejauh ini, belum ada laporan lainnya terkait dengan kerusakan di desa wisata yang berhasil memenangkan Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2022 itu,” kata
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, di Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Menurut Sandiaga, jika minimalnya kerusakan dampak gempa bumi di Desa Wisata Situs Gunung Padang karena kawasan wisata tersebut sudah tersertifikasi Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability (CHSE), sehingga lebih siap menghadapi kejadian seperti gempa tersebut.

Baca Juga :   Menparekraf Sandi Minta DKI Siapkan Hotel Buat Karantina Pendatang dari Luar Negeri

“Karena berhasil memenangkan CHSE, jadi dampaknya hanya di tempat masuk, saat wisatawan entry di Desa wisata Situs Gunung Padang,” terangnya.

Baca Juga :   Ada Permainan Hancurkan Bangunan Mirip Kakbah, Sandiaga Minta Blokir Game Fortnite

Dia menambahkan, saat ini tengah dilakukan pemulihan di kawasan wisata, termasuk jalur menuju Cipanas yang tertimbun longsor. Bahkan, secara perlahan membantu para korban, termasuk pelaku parekraf yang masih dalam keadaan trauma akibat musibah bencana alam yang mereka lalui.

Baca Juga :   Produk UMKM Harus Lebih Ramah Lingkungan

“Begitu juga dengan wisata lainnya yang ada di Cianjur untuk sementara ini ditutup sampai keadaan benar-benar kondusif dan kembali seperti semula. Kami sekarang ini dilakukan perbaikan dulu, dan dipastikan kondisi bangunannya baik,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO