Menengok Pendidikan Tinggi di Australia, Buka Peluang Karier dan Entrepreneurship di Industri Global

JagatBisnis.comJurusan komunikasi selalu menjadi salah satu program studi yang paling diminati oleh para calon mahasiswa baru karena ilmu komunikasi sangat berperan dalam industri global, ini menjadi mimpi bagi sebagian besar siswa di Indonesia, apalagi bisa mendapatkan ilmu komunikasi dengan standar dan kualitas pendidikan internasional.

Dunia saat ini berada pada era revolusi industri 4.0 dimana perkembangan industri bertambah canggih. Revolusi ini menuntut untuk kompetensi yang dapat bermanfaat di masa depan, salah satunya adalah ilmu komunikasi. Tidak heran, karena kemampuan ini dinilai berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari terutama dari sisi perkembangan bisnis serta industri di semua lini yang terus berkembang menjadikan kompetensi ilmu komunikasi selalu dibutuhkan.

Sadar kebutuhan dunia yang menuntut generasi muda berkualitas siap kerja, terampil dan mampu bersaing di ranah global, para pelajar juga semakin menginginkan untuk dapat melanjutkan studi dan karir di luar negeri. Kesempatan kantongi gelar akademik prestisius, mengejar jurusan popular, tabungan pengalaman multi-kultural yang berujung pada terbukanya peluang memperluas jejaring dan kesempatan karir menjadi alasan para pelajar khususnya pelajar Indonesia. Apalagi bisa mendapatkan ilmu komunikasi kualifikasi internasional.

USG Education selaku International Education Pathway Provider di Indonesia menyadari perlunya memberikan solusi pendidikan internasional yang tepat bagi para siswa di Indonesia. Inovasi program pendidikan terus dilakukan melalui salah satu programnya yaitu UIC College. UIC College telah bermitra dengan UTS College sejak 2016, dan terkenal dengan program Fast Track-nya sebagai solusi transisi mulus raih gelar Internasional di Universitas of Technology Sydney Australia.

Global Flow of Tertiary-Level Students yang dikeluarkan Unesco Institute for Statistics 2021 menunjukan dari 53,604 siswa Indonesia yang studi di luar negeri, sebanyak 13,880 memilih Australia sebagai negara tujuan studi diikuti oleh Malaysia dan Amerika di posisi ketiga. Australia menjadi salah satu destinasi yang menjadi tujuan favorit pelajar Indonesia dikarenakan kedekatan geografis dan persepsi kualitas institusional dimana banyak universitas ranking dunia berada di Negeri Kangguru ini.

Selain karena pendidikan kelas dunianya, semakin banyaknya siswa Indonesia memilih Australia juga dikarenakan peluang kerja pasca-studi, dan kualitas hidup yang sangat baik. Apa pun program studi yang dipilih, para siswa akan disuguhkan dengan keunggulan akademik dan sistem pendukungnya yang mumpuni.

Memiliki pengaruh global, University of Technology Sydney (UTS Sydney) merupakan Universitas Muda No. 1 Australia yang berusia dibawah 50 tahun (QS Global Index) , juga merupakan satu dari 150 universitas terbaik di dunia (QS World University Rankings & Times Higher Education World University Rankings 2023), dan berada dalam urutan 62 dunia untuk lulusan kerja (QS Graduate Employability 2022) , menjadikan UTS Sydney menjadi salah satu universitas yang banyak dilirik pelajar mancanegara. Letak UTS Sydney yang strategis juga menjadi daya tarik, dikarenakan Universitas ini berada di area kawasan digital dan kreatif terdepan dan terkini di kota Sydney, memberikan akses dan menghubungkan para mahasiswa dengan industri dan pusat – pusat penelitian ternama di dunia – tepat di luar kampus. Para siswa pun hanya memerlukan waktu jalan sekitar 5 (lima) menit dari Central Station, pusat transportasi utama.

Baca Juga :   USG EDUCATION TAMPILKAN KOLABORASI BISNIS DAN KREATIFITAS SISWA BERSAMA HOPE TONJOLKAN WARISAN KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA TIGA GENERASI

UIC-UTS College merupakan program pathway premium dalam bentuk pendidikan program Diploma Australia yang dilaksanakan di Jakarta dan lulus Australia. Metode pengajaran dan kurikulum UIC-UTS College telah membantu ratusan siswa masuk ke UTS Sydney. Program transisi ini menjamin masuk ke gelar sarjana UTS Sydney apabila siswa memenuhi kualifikasi IPK yang diperlukan. UTS College merupakan bagian dari program UTS Sydney.

Program UIC – UTS College menawarkan beberapa area studi yaitu Business, IT, Engineering serta Communication. Melalui program UIC–UTS College , siswa akan mendapatkan gelar sarjana prestisius dari UTS Sydney hanya dalam waktu 3 tahun dengan pilihan durasi 8 bulan UIC-UTS College Jakarta + 2* tahun UTS Sydney atau 8 bulan UIC-UTS College Jakarta + 3* UTS Sydney dengan pilihan intake di Februari, June serta Oktober. (*kondisi berlaku).

Terkait dengan banyak ragam pilihan studi dalam dunia pendidikan, sudah tentu harus dibarengi dengan kesiapan dari setiap siswa dan orang tua. Bagaimana caranya agar para siswa bisa mendapatkan pilihan studi yang tepat sesuai minat dan bakat serta siap untuk berkuliah di luar negeri? Bagaimana orang tua dapat berperan dalam mendukung pilihan studi anak , memantau pembentukan karakter dan proses pengembangan potensi anak dalam menemukan bakat minat agar tidak salah pilihan jurusan sesuai dengan minat dan bakat mereka?

Dalam menjawab kebutuhan serta solusi efektif bagi para orang tua dalam mempersiapkan anak lanjutkan pendidikan luar negeri, UIC-UTS College merangkul para orang tua dan masyarakat luas untuk lebih mendalami celah bagaimana menstimulasi kebutuhan studi luar negeri sekaligus sadari prospek industri masa depan siswa agar tidak salah pilih jurusan melalui acara Parenting Seminar yang diadakan secara tatap muka pada tangggal 27 Oktober 2022 di PULLMAN Thamrin Jakarta. Seminar ini mengangkat tentang skill wajib yang harus dimiliki dan di-explore ketika ingin kuliah di luar negeri dan bisa menjadi bekal untuk membangun karir di masa depan.

Mengangkat topik “7 Essential Self-Management Skills to Prepare Your Child Before Studying Overseas”, seminar ini menghadirkan Irene Phiter selaku Master Trainer BrainFit Indonesia, Parents Coach. Melalui materi yang disampaikan, ia menyorot bahwa dalam fase perkembangan saat ini, generasi muda memiliki kompleksitas yang sangat unik sehingga memerlukan bimbingan serta pengarahan yang lebih komprehensif.

Baca Juga :   USG EDUCATION TAMPILKAN KOLABORASI BISNIS DAN KREATIFITAS SISWA BERSAMA HOPE TONJOLKAN WARISAN KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA TIGA GENERASI

Irene yang juga berperan aktif sebagai Strengths Coach & Results-Based Coach mengatakan bahwa pola pikir siswa perlu dibekali dengan skill management yang dapat memperkuat dan membentuk karakter individu sebagai agent of change berjiwa pempimpin, kompetitif dan memiliki kemampuan komunikasi yang mumpuni sehingga mampu mengembangkan minat dan bakat serta kredibilitas di berbagai bidang. Skill-skill ini juga akan terpakai terus setelah siswa lulus nanti, sewaktu memasuki dunia kerja, hidup bermasyarakat dan seterusnya.

Seminar ini juga merupakan kesempatan untuk mengenal program UIC-UTS College lebih jauh dari segi program studi, metode perkuliahan luar negeri, kehidupan mahasiswa di Australia dan prospek karir jurusan komunikasi melalui diskusi langsung dengan perwakilan dari UTS Sydney, Associate Prof. Susie Khamis, Associate Dean of International (Faculty of Arts & Social Science) & Head of Strategic Communication (School of Communication).

“Dengan opsi studi yang semakin lengkap dengan hadirnya Jurusan Komunikasi, siswa UIC–UTS College memiliki prospek yang cerah. Peran komunikasi memiliki cakupan industri kerja yang luas, baik di dunia bisnis, media, kreatif hingga digital. Strategi dan optimalisasi dalam memberi pengaruh positif terhadap publik di tengah pesatnya teknologi informasi, menuntut peningkatan kebutuhan sumber daya lulusan ilmu komunikasi dicari di banyak lini industri berkembang”, Susie menyampaikan.

“Program ini menjadi solusi para siswa Indonesia dan orang tua, dikarenakan dengan mengikuti program UIC–UTS College mereka akan mendapatkan pembekalan akademik dengan model pengajaran yang mempersiapkan para mahasiswa untuk dunia karir dan solusi-solusi inovatif dan nyata terhadap tantangan sehingga dapat membersiapkan masa depan mereka. Lulusan – lulusan kami akan siap terjun untuk menangani segala perubahan tren dunia, adaptif terhadap perubahan serta memiliki serangkaian jalur karir menarik” tambah Lilies Agustine selaku Senior Partners Manager UTS College.

Hadirnya program Diploma Komunikasi UIC – UTS College ini didasari juga oleh semakin pesatnya kemajuan media dan digital khususnya bidang public relation, marketing communication, advertising, e-commerce, digital marketing hingga broadcasting seiring dengan peningkatan kebutuhan tenaga kerja di bidang-bidang tersebut. Hal ini membuat peluang karir bagi lulusan Ilmu Komunikasi terbuka lebar dan banyak dibutuhkan oleh perusahaan – perusahaan multinasional.

Siswa akan dipertemukan dengan berbagai Gelar Sarjana Komunikasi UTS mencakup beberapa area diantaranya; Digital and Social Media, Journalism, Media Arts and Production, Strategic Communication, Social and Political Sciences, Writing and Publishing.

Dengan metode perkuliahan yang sangat efektif dimana teori dan praktek dilakukan secara seimbang, Yani Oktaviana selaku Head of Campus USG Pondok Indah dan UIC – UTS College Specialist menyampaikan “Para siswa yang belajar di UIC-UTS College akan mendapatkan landasan akademik, keterampilan lunak, serta kecakapan bahasa Inggris yang diperlukan. Kami memberikan kualitas belajar mengajar terbaik dengan menerapkan sistem pembelajaran yang identik dengan UTS Sydney, dengan demikian para siswa akan memahami gaya pengajaran dan menyesuaikan diri dengan sistem pengajaran Australia sebelum perkuliahan dimulai. Pembekalan skill-set berbasis pada dunia kerja pun menjadi daya tarik program yang dijalankan UIC-UTS College sehingga memastikan setiap siswa siap menjadi pelaku industri global”.

Baca Juga :   USG EDUCATION TAMPILKAN KOLABORASI BISNIS DAN KREATIFITAS SISWA BERSAMA HOPE TONJOLKAN WARISAN KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA TIGA GENERASI

Pembekalan skill-set berbasis pada dunia kerja pun menjadi fokus utama program yang dijalankan UIC-UTS College dalam memastikan setiap siswa siap menjadi pemimpin di masa depan sebagai pengambil keputusan dan pembentuk opini yang dapat berkontribusi positif sebagai global citizenship. Karenanya, metode perkuliahan efektif dan praktikal terus diaplikasikan UIC-UTS College melalui pembekalan soft skill yang dibutuhkan di berbagai sektor industri.
“Mengaplikasikan keahlian secara komprehensif dapat mengasah pengembangan kemampuan teknis, konseptual, dan interpersonal setiap siswa. Kemampuan manajemen adalah kunci yang senantiasa membuka pintu para talenta global sebagai sumber daya yang diharapkan mampu maju ke panggung dunia”, tutup Irene
Bagi para siswa dan orang tua yang ingin mengetahui lebih lanjut program Universitas of Technology Sydney dapat mengunjungi acara Open Day yang digelar pada hari Sabtu, 29 Oktober 2022 di Hotel Ayana , Sudirman Jakarta. Dalam kesempatan itu para orang tua dan siswa dapat berdiskusi dan berkonsultasi langsung dengan para team akademik terkait rencana kuliah ke UTS Sydney , bertemu dan berbincang bersama para alumni terkait pengalaman studi di UTS Sydney, mengikuti berbagai workshop terkait berbagai program studi , serta dapat melakukan assessment minat , bakat dan future career bersama para ahli.
USG Education terus meningkatkan kualitas pendidikan secara persuasif dalam merangkul segala lapisan generasi bangsa dan turut serta mendukung beragam program pemerintah dalam memajukan pendidikan intelektual di Indonesia demi pembangunan berkelanjutan yang menghasilkan lulusan terampil, berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, berwawasan global serta unggul di segala bidang sesuai dengan nilai luhur “Noble Scholar”
*
Mengenai UTS College
UTS College adalah penyedia jalur premium ke University of Technology Sydney, universitas muda nomor 1 di Australia.
Visi kami adalah untuk mengaktualisasikan potensi dan meningkatkan kehidupan melalui kekuatan pembelajaran, tindakan dan orang-orang kami. Kami menawarkan program bahasa Inggris akademik terkemuka, Studi Dasar UTS, dan diploma pendidikan tinggi yang dirancang dengan mempertimbangkan persyaratan masuk UTS. Setiap tahun, lebih dari 90% lulusan diploma kami mencapai nilai yang mereka butuhkan untuk memasuki gelar sarjana.

Insearch Limited adalah entitas dibawah naungan University of Technology Sydney (UTS), dan penyedia jalur pendidikan tinggi swasta yang terdaftar ke UTS. (srv)

MIXADVERT JASAPRO