Wisatawan Pantai Selandia Baru Dikejutkan Bangkai Cumi-cumi Raksasa

JagatBisnis.com-Sekelompok wisatawan yang sedang berlibur di Pantai Selandia Baru di Farewell Spit, cagar alam utara South Island, dikejutkan adanya temuan bangkai cumi-cumi raksasa di pesisir pantai. Bangkai cumi-cumi raksasa (Architeuthis dux) itu juga telah kehilangan setengah tubuhnya, karena dimakan makhluk lain.

Seorang pemandu wisata yang memimpin rombongan tersebut menceritakan, penemuan itu sebagai hal kebetulan, tapi menjadi pengalaman “sekali seumur hidup”. Cumi-cumi yang memiliki panjang tubuh sekitar 4 meter itu ditemukan 9 September lalu di pantai Farewell Spit, cagar alam utara South Island.

“Mulanya, bangkai cumi-cumi ini ditemukan oleh pemandu wisata yang langsung memanggil kelompok wisata yang dia pandu untuk melihat bangkai tersebut. Mereka kemudian menghabiskan waktu mengagumi hewan yang menakjubkan dan mengambil foto di samping sisa-sisa tubuh cumi tersebut,” terang pemandu wisata Farewell Spit Tours Anton Donaldson, Sabtu (17/9/2022).

Baca Juga :   Jika Omicron Mengancam, Selandia Baru Bakal Perketat Perbatasan

Menurutnya, temuan itu bukanlah hal yang biasa ditemukan di pantai mana pun, Walau demikian, kejadian itu tetap menyisakan hal yang cukup menyedihkan. Karena grup wisata yang dipandunya harus melihat makhluk yang sejatinya tinggal di dasar laut justru mati di daratan.

Baca Juga :   Jika Omicron Mengancam, Selandia Baru Bakal Perketat Perbatasan

“Melihat cumi-cumi raksasa dari dekat mungkin merupakan pengalaman “sekali seumur hidup” bagi kebanyakan orang. Tapi, ini bukan pertama kalinya sisa-sisa raksasa laut dalam terdampar di pantai Farewell Spit. Secara total, setidaknya ada 6 cumi-cumi raksasa mati terdampar di pantai cagar alam dalam 30 tahun terakhir,”
paparnya.

Baca Juga :   Jika Omicron Mengancam, Selandia Baru Bakal Perketat Perbatasan

Dia mengaku, pihaknya kemudian memberi tahu Departemen Konservasi Selandia Baru tentang cumi-cumi yang terdampar itu. Agensi tersebut kemungkinan berencana mengambil sisa-sisa bangkai hewan itu untuk kemudian diteliti. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO