BRI Dorong Inkulsi Keuangan hingga Perbatasan Indonesia

JagatBisnis.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) menandatangani MoU  dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) terkait Penyediaan dan Pemanfaatan Layanan Perbankan Berbasis Teknologi Informasi. Penandatanganan tersebut dilakukan Direktur Utama BRI Sunarso dan John Wempi Wetipo selaku Wamendagri yang hadir mewakili Mendagri sekaligus Kepala BNPP, Tito Karnavian.

Direktur Utama BRI Sunarso menjelaskan, terkait kerja sama ini, pihaknya siap mendukung ekosistem keuangan daerah hingga perbatasan Indonesia. Pihaknya juga siap mendukung transformasi pengelolaan keuangan daerah yang telah dilakukan Kemendagri. Ini merupakan ekosistem yang sangat besar. Sehingga pihaknya akan turut serta menyukseskan transformasi tersebut.

“Selain itu, kami juga akan memberikan layanan perbankan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di bawah binaan BNPP. Apalagi, bank terbesar di Indonesia ini memiliki Agen BRILink dengan jumlah lebih dari 500 ribu agen yang tersebar hingga di perbatasan Tanah Air,” katanya, Rabu (31/8/2022).

Baca Juga :   BRI Jadi Program Public Relation Terbaik di ASEAN

Dia menambahkan, pihaknya berharap kerja sama ini bisa terus berlanjut. Karena proses bisnis maupun layanan BRI saat ini telah menggunakan face recognition dan akses data dari Dukcapil Kemendagri. Di antaranya Digital Saving BRI, BRIspot, dan Briguna Digital, serta layanan digital lainnya. Sehingga Unit Kerja BRI yang tersebar hingga pelosok daerah, tentu dapat dimanfaatkan Kemendagri untuk menjangkau kebijakan yang menyentuh desa.

Baca Juga :   Dirut BRI Dinobatkan sebagai Tokoh Pembiayaan dan Pemberdayaan UMKM

“Ditambah lagi, 80 persen portofolio BRI berasal dari UMKM yang bersentuhan langsung dengan masyarakat desa. Sementara itu, bagi pegawai Kemendagri dan BNPP yang ber-payroll di BRI, dapat menikmati fasilitas BRIguna (pinjaman pegawai) dan KPR dengan suku bunga khusus sehingga dapat menambah kesejahteraan pegawai,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO