Hasil Rapat RUPST OCBC Akan Melepas Dividen Sebesar 1,65 Triliun

JagatBisnis.com Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan yang dilaksanakan PT Bank OCBC NISP Tbk ( NISP ) membagikan dividen tahun buku 2023 sebesar Rp 1,65 triliun atau Rp72 per Saham. Rasio pembayaran dividen atau payout ratio tersebut sebesar 40,4% dari total laba bersih perseroan di tahun 2023 lalu.

“Rapat menyetujui penggunaan laba bersih sebesar Rp72 per saham atau total sebesar Rp1,65 triliun ditetapkan sebagai dividen tunai,” kata Presiden Direktur NISP Parwati Surjaudaja dalam Paparan Publik Tahunan di OCBC Tower Jakarta, Senin (18/3/2024)

Selanjutnya, jelas Parwati, sebesar Rp100 juta dari laba bersih perseroan digunakan untuk cadangan umum, dan sisa laba bersih ditetapkan sebagai laba ditahan.

Baca Juga :   OCBC NISP: Generasi Muda Perlu Segera Check-up dan Perbaiki Kesehatan Finansial

Diketahui, OCBC NISP mengantongi laba bersih sebesar Rp 4,1 triliun di sepanjang 2023 lalu. Capaian itu meningkat 23% dibandingkan tahun 2022 lalu yang sebesar Rp 3,3 triliun. Tak hanya membukukan peningkatan laba bersih, rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR) bank tersebut juga kuat di angka 23,7% atau jauh di atas ketentuan minimum.
Kinerja positif tersebut turut didorong oleh pertumbuhan kredit 12% secara tahunan dengan kualitas kredit yang terjaga baik. Sebagai hasilnya, rasio imbal hasil ekuitas (ROE) meningkat menjadi 12,0% pada akhir tahun 2023 dengan total aset Bank sebesar Rp250 triliun.
Sementara itu, likuiditas OCBC NISP berada di posisi sehat dengan Liquidity Coverage Ratio (LCR) sebesar 206,2%, di atas ketentuan regulator. Total Dana Pihak Ketiga (DPK) perseroan tercatat sebanyak mencapai Rp182 triliun dengan rasio CASA sebesar 55,8%. Sedangkan, jumlah dana tabungan mengalami pertumbuhan sebesar 14,6% secara tahunan.

Baca Juga :   Berikan Solusi Finacial Fitness, OCBC NISP Ajak Generasi Milenial Melek Keuangan

OCBC NISP juga mencatatkan pertumbuhan jumlah transaksi melalui e-channel hingga 32% secara tahunan. Jumlah pengguna aktif untuk internet banking dan OCBC Mobile juga meningkat 26% dibandingkan dengan tahun 2022.

Baca Juga :   Ultah Ke-80 Tahun, OCBC NISP Ingin Melaju Jauh Bersama Indonesia

Salah satu kegiatan membantu UMKM itu dengan membantu pengusaha Indonesia menjadi bagian dari Nyala Bisnis, UMKM bukan hanya sekedar mengelola dan mengembangkan bisnisnya melalui solusi business banking, melainkan juga diberikan dukungan berupa kegiatan edukasi dan komunitas pengusaha untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman melalui Business Fitness Solution. (den)

MIXADVERT JASAPRO