BRI Lakukan Peninjauan Berkala, terkait Suku Bunga Kredit Bank Terus Turun

JagatBisnis.com-PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI akan terus melakukan review secara berkala. Selain itu, terus membuka ruang untuk penurunan maupun kenaikan suku bunga simpanan dan pinjaman. Karena dari Bank Indonesia (Bl), suku bunga kredit di pasar kredit mengalami penurunan sebesar 52 basis poin (bps) pada Mei 2022. Adapun di pasar dana, suku bunga deposito satu bulan perbankan turun sebesar 75 bps sejak Mei 2021 menjadi 2,86 persen pada Mei 2022.

Baca Juga :   BRI Resmi Menjadi Induk Holding BUMN Ultra Mikro

“Untuk arah bunga simpanan dan pinjaman ke depan, pihaknya akan terus melakukan review secara berkala dan terus membuka ruang untuk penurunan maupun kenaikan suku bunga simpanan dan pinjaman. Apalagi, saat ini likuiditas BRI dalam kondisi yang memadai, sebagaimana terlihat dari LDR BRI (bank only) yang terjaga di kisaran 87,5 persen,” kata Sekretaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto, Minggu (26/6/2022).

Dia menjelaskan, meskipun tren atau minat deposito masih cukup prospektif ke depan. Fokus BRI tetap untuk meningkatkan dana murah (current account saving account/CASA). Dana murah itu diperoleh melalui giro dan tabungan  secara gradual dari proporsi di kisaran 63 persen pada akhir 2021, menjadi kurang lebih 66 persen  pada akhir 2024.

Baca Juga :   Mitigasi Bencana Banjir Jakarta, BSI bersama Yayasan BSMU Berikan Perahu Karet

“Dengan cara fokus kepada wholesale transaction, penetrasi digital saving BRI, dan hyperlocal ecosystem pada segmen mikro,” kata Aestika, Minggu (26/6/2022).

Baca Juga :   Agen BRILink Berbasis Sharing Economy dari Masyarakat untuk Masyarakat

Ke depan, lanjut Aestika, pihaknya akan berfokus pada optimalisasi likuiditas yang ada untuk mendukung pertumbuhan core bisnisnya, yakni segmen UMKM atau usaha mikro kecil dan menengah. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO