Kemendagri Mengawali Pindah ke IKN pada 1 Januari 2024

JagatBisnis.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan mengawal pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ke Kalimantan Timur (Kaltim). Pemindahan IKN ke Kaltim bakal dilakukan mulai 1 Januari 2024 mendatang.

“Insyallah, pada 1 Januari 2024, saya akan memimpin Kemendagri bersama Pak Mendagri Tito Karnavian pindah ke IKN Nusantara di Kalimantan Timur,” kata Sekretaris Jenderal Kemendagri Suhajar Diantoro saat menghadiri rapat paripurna perayaan HUT DKI Jakarta ke-495 di DPRD DKI Jakarta, Rabu (22/6/2022).

Dia mengungkapkan, untuk itu pihaknya meminta Jakarta mempersiapkan diri menyandang status baru. Nantinya, Jakarta bukan lagi menjadi pusat pemerintahan dan birokrasi. Jakarta akan menjadi pusat bisnis nasional maupun global. Dengan tanggalnya status Jakarta sebagai IKN secara perlahan status dan karakternya sebagai pusat birokrasi juga akan berkurang.

Baca Juga :   Kemendagri Apresiasi Perda DKI terkait Hak Penyandang Disabilitas

“Sehingga hal itu semua memerlukan persiapan dan perencanaan yang matang. Apalagi dengan hilangnya status Ibu Kota di Jakarta bisa berpotensi menjadi ancaman hilangnya identitas kota. Untuk itu, kami berharap Jakarta mampu merumuskan visi-misi baru untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman usai IKN pindah ke Kaltim,” paparnya.

Baca Juga :   Kemendagri: Pembangunan Jakarta Harus Berlanjut Meski Ibu Kota Pindah Ke Kalimantan Timur

Menurut dia, diperlukan antisipasi dan persiapan yang matang. Sehingga mengharuskan perumusan karakter kota yang khas dan kuat sejak dini. Karena kota-kota dunia yang menjadi pusat bisnis regional dan global cenderung memelihara nilai keterbukaan serta keberagaman. Hal ini, bisa memperkuat nilai-nilai lokal yang selama ini dipelihara sekaligus kompatibel dengan nilai-nilai peradaban yang dinamis dan futuristik.

Baca Juga :   Kemendagri Minta Sekretaris DPRD Bantu Bapemperda

“Memang sangat baik bila hal ini mendapat penekanan dalam semua aspek perencanaan pemerintahan DKI Jakarta, termasuk dalam komunikasi masyarakat. Sehingga publik dapat menyiapkan diri bersama-sama dengan pemerintah,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO