Jumlah Pengidap HIV/AIDS di Ternate Capai 676 Orang

HIV/AIDS

JagatBisnis.com – Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, Maluku Utara, Nurbaity Maradjabessy, mengaku jumlah kasus pengidap HIV/AIDS terhitung sejak 2007 sampai 2022 sudah mencapai 676 orang.

“Jadi data kami (Dinkes) sebanyak 676 orang ini penderita HIV di Kota Ternate dan yang intens lakukan rawat jalan sebanyak 225 orang sampai saat ini. Sedangkan yang tak mau menerima pengobatan sebanyak 170 orang,” ucap Nurbaity pada Jumat (21/1)

“Jadi saat ini dari total pengidap 676 orang dan sudah meninggal 178 orang, maka yang tersisa 498 orang,” sambungnya.

Baca Juga :   Pencegahan HIV Pada Anak Tidak Hanya Asupan dan Vitamin

Ia mengaku, pihaknya sampai saat ini terus berusaha mencari pengidap yang masih berkeliaran dan tak mau diobati.

“Kami terus mencari pengidap yang keras kepala ini dan sampai ketemu seperti yang di Kelurahan Santiong, dapat orang ini terakhir sudah meninggal, meski sempat dilarikan ke rumah sakit,” jelasnya.

Baca Juga :   Jumlah Pengidap HIV di Papua Capai 46.967 Kasus

Ia menambahkan, langkah yang diambil pihaknya adalah dengan hanya memberikan obat ARV. Obat ini untuk daya tahan tubuh para pengidap.

“Jika pengidap rajin mengonsumsi obat ARV ini setiap hari, maka akan sehat terus sampai ajalnya tiba dan tak mengalami kekurangan gizi atau berat badan. Sehingga dari hasil obat ARV ini, kami jadikan salah satu pengidap untuk garda terdepan sering menjelaskan saat kita turun sosialisasi soal HIV, karena dia rajin konsumsi dan hasilnya badannya seperti orang sehat lainnya,” ungkapnya.

Baca Juga :   Program Selembar Kebaikan Dukung Anak HIV

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar jangan mencoba-coba mencari pasangan di luar nikah.

“Jika mau berhubungan cari lah pasangan yang sah, yakni menikah dulu, itu pesan saya agar jauh dari penularan HIV,” pungkasnya. (pia)

MIXADVERT JASAPRO