Jumlah Pengidap HIV di Papua Capai 46.967 Kasus

HIV/AIDS

JagatBisnis.com – Ketua harian Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Provinsi Papua dr Anton Tony Mote mengatakan jumlah data pengidap kasus HIV/AIDS di Provinsi Papua hingga 1 Desember 2021 yang tersebar di 29 kabupaten/kota mencapai 46.967 kasus.

“Dari data jumlah terbaru untuk di Provinsi Papua yakni Jayapura 508 kasus dan Nabire 466 kasus menempati jumlah kasus tertinggi,”kata Anton saat peringatan hari AIDS Internasional 1 Desember di Jayapura, Rabu (1/12/2021).

Dalam rangka pencegahan penyebaran dan penularan HIV/AIDS pihak KPA Papua bersama sejumlah elemen masyarakat, LSM, tokoh agama dan para ODHA melakukan kampanye tentang pencegahan virus HIV/AIDS melalui kegiatan doa dan jalan bersama, Rabu 1 Desember 2021.

Baca Juga :   Program Selembar Kebaikan Dukung Anak HIV

“Acara perayaan hari AIDS sedunia meningatkan semua elemen warga Papua bahwa penyakit menular ini masih ada sehingga diperlukan kebersamaan untuk mencegahnya,” kata Anton Mote di sela-sela perayaan hari AIDS internasional dipusatkan di halaman gedung Sasana Krida kantor gubernur Papua Dok II Jayapura.

Baca Juga :   Hari AIDS Sedunia, Kenali Penularan dan Pencegahan Agar Tidak Terinfeksi

Selain jalan dan doa bersama dilakukan juga penandatanganan fakta integritas dari perwakilan pemerintah, LSM,tokoh agama, tokoh adat, profesional dan lembaga non pemerintah untuk ikut serta mendukung pencegahan HIV/AIDS.

Baca Juga :   Tetap Waspada, Meski Kasus HIV/AIDS pada Anak di Dunia Menurun

Sementara itu Ketua Panitia Hari AIDS Sedunia Asri Gombo mengatakan melalui kampanye HIV/AIDS dapat meningkatkan kesadaran warga Papua untuk ikut peduli melakukan pencegahan virus HIV/AIDS.

“Panitia hari AIDS internasioal membuat kegiatan jalan pagi bersama, ibadah syukur, hiburan rakyat dan pembagian hadiah door prize,”ungkap Asri Gombo.(pia)

MIXADVERT JASAPRO