Lima Daerah di Papua Siap Jalani Vaksin Booster

JagatBisnis.com – Dinas Kesehatan Papua menyebutkan 5 daerah siap melaksanakan vaksin booster dalam waktu dekat.

Kelima daerah itu adalah Kota Jayapura, Kabupaten Merauke, Mimika, Keerom, dan Boven Digoel.

“Kami masih menunggu petunjuk teknis Kementerian Kesehatan untuk hal ini,” kata Koordinator Imunisasi COVID-19 Dinkes Papua, dokter Aaron Rumainum, Kamis (6/1/2022).

Aaron mengatakan informasi dari Kemenkes bahwa vaksinasi booster diberikan kepada kabupaten/kota yang mempunyai syarat cakupan dosis pertama sudah 70 persen dan dosis kedua sudah 60 persen.

Baca Juga :   Pemerintah Belum Tetapkan Tarif Resmi Vaksin Booster

Dengan melihat cakupan dosis pertama di Papua, maka Kabupaten Merauke cakupan vaksinasi I mencapai 80 persen, Kota Jayapura, Mimika dan Keerom sudah lewat 70 persen serta Boven Digoel mendekati 70 persen.

“Kalau kita melihat dosis keduanya yang sudah 60 persen hanya Merauke. Sementara untuk Kota Jayapura, Mimika, Keerom dan Boven Digoel cakupan vaksin ke-2 mendekati 60 persen,” katanya.

Baca Juga :   PPKM Level 2 Kembali Diperpanjang, Masyarakat Diminta Ikut Booster Vaksin

Selain menunggu juknis, pihaknya juga menunggu distribusi vaksin booster dari Kemenkes.
“Kami belum mengetahui vaksin booster yang akan dikirim dari Kemenkes seperti apa. Tapi booster atau penguat itu dilakukan untuk memperkuat antibody,” jelasnya.

Dinas Kesehatan setempat mengakui cakupan vaksinasi di Papua secara nasional masih sangat rendah yakni 28,55 persen untuk vaksinasi tahap I dan vaksinasi tahap II sekitar 20 persen lebih.

Baca Juga :   Kemenkes Sebut Vaksin Sinovac dan Zifivax Bisa Dipakai untuk Booster

Angka tertinggi cakupan vaksinasi terdapat di Merauke dengan jumlah lebih dari 80 persen. Lalu cakupan vaksinasi 71-80 persen berada di Kota Jayapura, Keerom, Mimika, Jayapura.

Sedangkan cakupan vaksinasi berkisar 61-70 persen hanya Kabupaten Boven Digoel.
Sementara cakupan vaksinasi terendah berada di Kabupaten Pegunungan Bintang dan Mamberamo Tengah yang baru mencapai 6-10 persen.(pia)

MIXADVERT JASAPRO