Mundur, Bansos Bulan April Cair Akhir Maret

JagatBisnis.com –  Menteri Sosial Tri Rismaharini berjanji akan mempercepat penyaluran BVantuan Sosial Tunai (BST) bulan April di minggu terakhir bulan Maret. Pihaknya pun meminta bantuan daerah untuk memadankan data Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Risma menjelaskan target program bantuan di Kementerian Sosial, untuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah 18,8 juta KPM, Program Keluarga Harapan (PKH) 10 juta KPM, dan Bantuan Sosial Tunai (BST) 10 juta KPM.

Namun, selama beberapa bulan Kemensos melakukan perbaikan dan evaluasi data dengan daerah, bank penyalur maupun PT Pos, hasilnya belum mencapai angka di atas.

Baca Juga :   18 ASN di Ponorogo Tercatat Terima Bansos dari Kemensos

“Hasilnya saat ini kami sudah bisa temukan bahwa untuk pengurus, pengurus ini adalah kepala keluarga yang menerima manfaat, jadi keluarga penerima manfaat untuk BPNT 13.228.513, kemudian untuk PKH 8.907.446, untuk BST keluarga pengurus penerima manfaat adalah 8.428.327,” kata dia dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (17/3/2021).

Baca Juga :   PKL dan Warga Miskin akan Dapat Bansos Tunai Rp1,2 Juta di 2022

Disampaikannya, dari data yang kurang itu akan dipenuhi. Berdasarkan hasil rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan para menteri terkait, pihaknya diizinkan untuk memenuhi target yang telah ditetapkan.

Baca Juga :   Warga DKI yang Ingin dapat Bansos, Berikut Caranya

“Jadi misalkan BPNT 18,8 juta maka akan kita penuhi karena banyak usulan-usulan pula yang baru dari daerah dan untuk pengganti yang meninggal dan sebagainya. Karena itu kami tetap menunggu dari daerah untuk usulan-usulan tersebut,” papar Risma.(HAB)

MIXADVERT JASAPRO