Berita  

Ada Kendala Teknis, Mendadak Pesawat Batik Air Rute Jakarta Putar Balik ke Bandara Keberangkatan

JagatBisnis.Com – Pesawat Batik Air nomor penerbangan ID 6803 rute Jambi-Jakarta mengalami return to base atau putar balik ke bandara keberangkatan. Peristiwa ini terjadi di Bandara Sultan Thaha, Jambi, Sabtu (6/3).

Corporate Communications Strategic Lion Group Danang Mandala Prihantoro mengatakan, keputusan kembali ke bandara diambil oleh pilot karena ada kemungkinan kendala teknis.

“Setelah lepas landas, pilot memutuskan untuk kembali ke bandara keberangkatan (return to base) dikarenakan ada salah satu indikator menyala di ruang kokpit (yang memberitahukan atau menunjukkan) kemungkinan ada kendala teknis,” kata Danang dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (6/3).

Danang mengatakan, sebagai upaya memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan, maka keputusan kembali ke bandara asal sudah tepat. Hal ini untuk segera dilakukan pemeriksaan dan pengecekan terhadap pesawat tersebut.

Ia menjelaskan bahwa hal tersebut juga sudah sesuai standar operasional prosedur dan sebagaimana pedoman protokol kesehatan.

Danang menyatakan, sedianya, Pesawat Batik Air ID 6803 sebelum lepas landas sudah dipersiapkan dengan baik. Jadwal keberangkatan seharusnya pukul 13.00 WIB dan diperkirakan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 14.10 WIB.

“Sebelum dioperasikan, pesawat Airbus 320-200 registrasi PK-LUT telah menjalani pemeriksaan lebih awal yakni sebelum diterbangkan (pre flight check) dan dinyatakan laik terbang dan beroperasi,” ujarnya.

Pesawat mengangkut enam awak pesawat, 114 penumpang dewasa, dua penumpang anak-anak, dan satu penumpang balita.

Saat ini seluruh kru pesawat dan penumpang sudah dibawa dan diarahkan ke ruang tunggu gedung terminal Bandara Sultan Thaha Jambi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut serta penanganan keterlambatan keberangkatan.

“Batik Air telah memberikan layanan kompensasi penundaan keberangkatan berdasarkan ketentuan yang berlaku. Selain itu Batik Air memfasilitasi sesuai permintaan tamu yang akan melakukan perubahan jadwal atau mengajukan proses pengembalian dana tiket,” kata Danang.(hab)

MIXADVERT JASAPRO