Tingkatkan Sinergi, Bea Cukai Berupaya Tingkatkan Ekspor di Cirebon dan Maluku

JagatBisnis.com – Dalam rangka menggali dan mendorong potensi ekspor serta meningkatkan sinergi dengan stakeholder di Cirebon dan Maluku, Bea Cukai malakukan berbagai upaya dengan meningkatkan sinergi dan kunjungan.

Di Cirebon, Bea Cukai Cirebon menyelenggarakan pertemuan dengan perwakilan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Cirebon, Senin (23/08). Tujuan pertemuan ini adalah untuk diskusi terkait upaya guna mendorong peningkatan ekspor dan jumlah eksportir di Kabupaten Cirebon.

Kepala Kantor Bea Cukai Cirebon, Encep Dudi Ginanjar menjelaskan peran Bea Cukai sebagai industrial assistance dan trade facilitator. “ Besar harapan saya pengusaha muda di Kabupaten Cirebon tidak hanya bermain di pasar lokal, namun juga berani memasarkan berbagai produknya ke pasar international, tentu kami siap membantu terkait proses ekspor serta solusi atas kendala terkait ekspor bagi para pengusaha,” imbuh Encep.

Selanjutnya, Kanwil Bea Cukai Maluku mengadakan Coffee Morning Bincang Ekspor Maluku bersama perwakilan Bank Indonesia di Aula GKN Ambon, pada Jumat (27/8). Kegiatan ini disenggarakan karena banyaknya ketertarikan calon pelaku eksportir untuk menggali informasi mengenai bisnis ekspor. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh stakeholder dari dinas terkait maupun eksportir dan calon eksportir

“Melalui kegiatan ini, kami harap bisa memberikan pemahaman bersama antar instansi pemerintah dan pelaku usaha terkait kebijakan yang ada, supaya ekspor yang selama ini kita impikan bisa terwujud dan para pelaku usaha pun dapat dengan mudah mengatasi kendala yang dihadapi,” tutur Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, Noviarsano Manullang.

Dalam kegiatan ini turut hadir 7 eksportir dan calon eksportir yang masuk dalam asistensi yaitu eksportir Pala yang berhasil ekspor dari Ambon setelah 21 tahun vakum. “Eksportir dan calon eksportir ini memang spesial dihadirkan untuk didengar kendala-kendala yang dihadapi agar dapat ditemukan solusi pemecahannya serta sukses story ekspor perdana sebagai gambaran keberhasilan ekspor dari Ambon, Maluku,” ungkap Kepala Kanwil Bea Cukai Maluku, Erwin Situmorang.

Selanjutnya, dalam rangka percepatan ekspor, Erwin Situmorang beserta jajarannya adakan beberapa kunjungan kerja, antara lain ke Kabupaten Kepulauan Aru, Dobo pada Senin (23/08) dan Kantor Pemkot Tual pada Selasa, (24/08). Dobo merupakan salah satu daerah yang mempunyai hasil laut yang berkualitas seperti Ikan dan lobster.

“Kami mendukung penuh program percepatan ekspordi Aru dan Tual dengan terus melalukan asistensi kepada para pengusaha, fasilitas insentif fiskal, simplifikasi prosedur layanan kemudahan pelayanan dan pengawasan ekspor, klinik ekspor dan penguatan koordinasi dan kolaborasi dengan instansi terkait,” imbuh Erwin.

Selanjutnya, Bea Cukai Tual turut serta dalam rapat koordinasi tim percepatan ekspor Kota Tual. Dalam kegiatan ini seluruh tim melaporkan terkait progres yang akan di buat sebagai inovasi Kota Tual menjadi Rumah Ekspor, serta beberapa fasilitas sarana prasarana yang akan disiapkan.

Deputi Sumber Daya Maritim Menko Marvest dalam arahannya menyampaikan bahwa saat ini tim akan melakukan louncing ekspor perdana di Biak pada 26 Agustus 2021, diikuti ekspor di Kota Tual pada bulan September.

Kepala Kantor Bea Cukai Tual, Hari Setiayadi memyampaikan dukungannya terhadap program peningkatan ekspor ini. “Berdasarkan data tahun 2020, produksi perikanan mencapai 28.485 ton, budidaya rumput laut 5.500 hektar, produksi rumput laut 78 ribu ton serta ekspor ikan hidup sedang berlangsung ke Hongkong, hanya saja masih adanya kendala reefer container sehingga kualitas ikan menurun,” jelasnya.

Kemudian, dalam rangka peningkatan ekspr, Bea Cukai Tual mendapat kunjungan dari Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tual, Darnawati Amir, SKM, MM. Dalam kesempatan tersebut dibahas kendala-kendala pengiriman barang ekspor, potensi ekspor perikanan, pelaku usaha potensial baik perorangan maupun badan usaha, pembentukan satgas percepatan ekspor serta Deklarasi Percepatan Ekspor.

“Bea Cukai Tual mendukung penuh dengan mewujudkan program klinik ekspor dan inovasi Lapor BC Tual yang merupakan terobosan dalam memberikan edukasi, sosialisasi dan kemudahan layanan di bidang ekspor. Kami berharap dengan pembahasan yang semakin serius dan sinergi yang kuat, Bea Cukai Tual bersama Pemda dan instansi lainya dapat segera mewujudkan ekspor melalui Kota Tual,” pungkas Hari.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button