IQE, Pamerkan Aneka Produk Unggulan Ber-SNI

JagatBisnis.com –   Badan Standardisasi Nasional (BSN) kembali menggelar Indonesia Quality Expo (IQE) ke-9 di Bandung, Jawa Barat. Ajang yang memamerkan beragam produk unggulan bersertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) ini digelar sejak Kamis-Minggu (4-7/11/2021). Sehingga kegiatan ini akan menjadi ajang pamer barang dan jasa ber-SNI yang dihasilkan industri dan UKM.

“IQE merupakan sarana untuk membangun komunikasi antar pemangku kepentingan, bertransaksi, dan ajang pamer produk bersertifikasi SNI,” kata Kepala BSN, Kukuh S. Achmad dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (7/11/2021).

Menurut Kukuh, IQE dapat membangkitkan optimisme serta turut membantu pemulihan ekonomi nasional. Karena pameran ini diadakan untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) agar Indonesia bisa bangkit dan tumbuh meskipun pandemi Covid-19 belum usai.

“Melalui IQE, kami dapat mempublikasikan industri penerap SNI yang memiliki kisah sukses atau Succes Story sebagai role model. Sehingga dapat menjadi inspirasi bagi para pelaku usaha, karena masih banyak UKM dan industri yang bisa melakukan inovasi dan bertahan dalam situasi pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi BSN, Zul Amri menambahkan, IQE tahun ini diikuti oleh 14 instansi, baik dari pemerintah maupun swasta dengan mengisi 33 booth. Selain produk ber-SNI yang dipamerkan, ada juga layanan informasi seputar standardisasi dan penilaian kesesuaian.

“IQE kali ini digelar tidak hanya secara offline, tapi pameran disajikan secara online melalui live streaming, games online maupun doorprize secara online. Selain itu, diselenggarakan talkshow yang dikemas dengan konsep webinar setiap harinya. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini juga diadakan Lomba Penulisan Jurnalistik tentang Produk SNI dan Peran Penting BSN dalam Pengembangan SNI,” ucap Zul.

Dipaparkan, pada ajang ini, pihaknya membuka booth yang menyediakan klinik standardisasi dan penilaian kesesuaian. Selain itu, juga menampilkan produk-produk ber-SNI dari UMKM binaan di wilayah Jawa Barat. Di antaranya, masker, rendang dan kripik tempe.

“Hal ini menjadi kebanggaan dan rasa syukur kami, karena pelaku usaha masih peduli terhadap mutu produk, perlindungan konsumen, dan tentunya berkontribusi terhadap penguatan daya saing bangsa,” tutupnya. (eva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button