Cara Membersihkan Dashboard Mobil yang Benar

jagatBisnis.com – Menjaga kebersihan interior mobil menjadi satu hal yang wajib dilakukan. Jangan sampai kabin mobil Anda kotor sehingga mengurangi kenyamanan saat berkendara. Salah satu bagian dari interior yang perlu dilakukan pembersihan secara rutin adalah dashboard.

Bagaimana cara membersihkan dashboard mobil dengan benar? Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini seperti dilansir dari laman resmi Auto2000:

1. Alat Penyedot Debu

Produk pembersih khusus pertama yang bisa membersihkan dashboard adalah alat penyedot debu. Alat ini berbentuk cukup kecil sehingga cocok untuk membersihkan debu di dashboard mobil Anda dengan lebih mudah. Setiap celah sempit yang ada bisa dijangkau sehingga proses pembersihan menjadi lebih mudah dan cepat.

2. Interior Cleaner

Bisa dibilang pembersih ini terhitung paling ampuh. Anda tinggal meratakan Interior Cleaner di seluruh bagian dashboard. Lalu diamkan selama 15 menit agar cairan tersebut bekerja dengan maksimal.

Jika sudah, lanjutkan proses pembersihan dengan mengelap menggunakan kain microfiber atau kanebo. Masih ada noda membandel? Berarti Anda perlu melakukannya lagi hingga noda tersebut hilang.

Hasilnya adalah dashboard menjadi lebih berkilau. Ingat, sebaiknya gunakan Interior Cleaner yang berbahan water base.

3. Sikat Berbulu Halus

Untuk membersihkan debu di dashboard mobil bisa juga menggunakan sikat berbulu halus. Keunggulan dari penggunaan sikat ini adalah bisa menjangkau bagian yang sulit tercapai oleh tangan. Dashboard mobil pun tidak akan lecet juga karena bahan bulunya suka pasti lebih halus ketika digunakan.

4. Tisu Bayi

Selanjutnya, ada beberapa produk rumah tangga yang bisa Anda maksimalkan untuk membersihkan dashboard. Tisu bayi menjadi salah satunya.

Anda tinggal mengusapkan tisu ke bagian dashboard yang kotor secara rutin. Dengan kelembaban yang ada di dalam tisu bayi, maka hasilnya lebih efektif dibandingkan menggunakan kain kering.

5. Baking Soda

Baking soda juga bisa membersihkan dashboard mobil Anda. Anda bisa menuangkan seperempat cangkir baking soda ke botol berukuran besar. Lalu tambahkan seperempat cangkir cairan cuci piring yang ada di rumah.

Selanjutnya, Anda tinggal mengocok botol agar kedua bahan tersebut tercampur dengan rata. Jika sudah tercampur sempurna, langsung pakai saja untuk membersihkan dashboard mobil. Sebaiknya gunakan campuran air hangat agar “sabun” buatan Anda bisa memberikan efek lebih besar.

6. Pasta Gigi

Pasta gigi yang merupakan cairan pembersih ini juga bisa membuat dashboard Anda lebih kinclong. Caranya dengan mengoleskan pasta gigi ke bagian dashboard secara merata. Kemudian gosokkan pasta gigi di sana dengan kain yang lembut.

Cari bagian yang kotor agar bisa lebih cepat hilang. Namun untuk pasta gigi harus Anda tahu bahwa bahan pemutihnya bisa merusak dashboard. Jadi sebaiknya gunakuan pasta gigi kalau memang sudah tidak ada opsi lain. (ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button