5 Fakta Menarik Nikon, Jadi Sponsor Liga Champions Asia hingga Capai Pendapatan Rp90 Triliun

jagatBisnis.com – Pada hari Kamis, 22 Oktober 2020 secara resmi Nikon Group memutuskan untuk memberhentikan seluruh kegiatan operasionalnya di Indonesia. Kabar tersebut disampaikannya melalui Instagram resmi Nikon Indonesia.

Dilansir dari berbagai sumber, wartawan mengumpulkan sejumlah fakta menarik tentang Nikon Indonesia.

1. Dari Nikko ke Nikon

Baca Juga:

 

wikipedia.org

Didirikan pada tahun 1927, Nikon memiliki nama awal Nippon Kogaku Kogyo Kabushikigaisha atau Japan Optical Industries Corporation dengan sebutan pendeknya sebagai Nikko. Pada tahun 1946, perusahaan ini merilis produknya dengan nama Nikkon. Kemudian, pada tahun 1988, perusahaan ini mengganti namanya dengan nama Nikon Corporation.

2. Rambah luar negeri sejak tahun 1953

wikipedia.org

Perkembangan Nikon kiat melesat setelah berhasil mencatatkan diri dalam Bursa Efek Tokyo dan Osaka. Tahun 1953, Nikon berhasil membuka cabang pertamanya di Amerika Serikat, yang kini bernama Nippon Kogaku. Setelah itu, ada Nikon B.V di Belanda, Nikon Verttiebs GmbH di Jerman, hingga Nikon U.K. Ltd. di Inggris. Sedang di Indonesia, Nikon berada di bawah naungan P.T. Nikon Indonesia sejak tahun 2012 silam.

3. Nikon F hingga sponsor klub Galatasaray

wikipedia.org

Nikon F adalah salah satu produk Nikon yang paling populer bahkan hingga saat ini. Pertama kali dirilis pada tahun 1959, Nikon F menjadi kamera yang paling populer di kalangan fotografer profesional selama 30 tahun. Selain itu, sejumlah pencapaian berhasil dilakukan oleh Nikon, mulai dari menjadi sponsor klub sepak bola Galatasaray hingga jadi sponsor Liga Champions Asia (AFC Champions League).

4. Pendapatan capai Rp99,3 triliun

nikonrumours.com

Pada tahun 2019 lalu, Nikon Corporation mencatatkan pendapatan hingga 708,7 miliar YEN atau sekitar Rp99,3 triliun dengan pendapatan bersih mncapai 63,5 miliar YEN atau sekitar Rp8,89 triliun. Pendapatan tersebut tak lepas dari 25,7 ribu karyawannya yang tersebar di berbagai penjuru dunia.

5. Hengkang dari Indonesia

nikonrumours.com

Melalui pengumuman yang diunggah pada akun Instagram miliknya, PT. Nikon Indonesia memilih untuk hengkang dari Indonesia per tanggal 22 Oktober 2020. Kabar mengejutkan tersebut membuat sejumlah penggemar Nikon Tanah Air kecewa karena telah menemani mereka selama 8 tahun. Namun, meski operasionalnya dihentikan, perusahaan masih akan tetap melayani konsumen dan melakukan kegiatan sales di Indonesia melalui PT. Alta Nikindo sebagai distributor resmi Nikon di Indonesia.

Namun, kabar hengkangnya Nikon tersebut tidak disertai dengan alasan Nikon Indonesia menghentikan operasionalnya di Indonesia.(ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button