Ekbis  

Frisian Flag Indonesia Resmikan Pabrik Susu Dengan Investasi Senilai 3.8 Triliun

Jagatbisnis.com – Pabrik Susu Terbesar Frisian Flag Indonesia (FFI) Diresmikan oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia.

Peresmian Pabrik Susu dengan nilai investasi 3.8 triliun itu, dilakukan oleh Dirjen Agro Industri Kemenperin RI, Putu Juli Ardika.

” Kami menyampaikan apresiasi atas kesungguhan perusahaan global seperti FrieslandCampina yang telah memperluas investasinya dan membangun pabrik baru di Indonesia. Pabrik baru ini diharapkan dapat terus meningkatkan kolaborasi dan inovasi, mengembangkan program kemitraan antara PT Frisian Flag Indonesia dengan peternak sapi perah. Hal ini akan memperkuat kontribusi Perusahaan dalam menciptakan lapangan kerja dan memberikan nilai tambah di dalam negeri untuk pertumbuhan ekonomi nasional serta menyiapkan Masyarakat Indonesia yang sehat menyongsong Indonesia Emas 2045″ Ucap Putu Juli Ardika, dalam sambutannya mewakilli
Menteri Perindustrian, Selasa, 2/7/24 di Kawasan Cikarang Jawa Barat.

Pabrik susu ini memiliki luas 25,4 hektar atau setara dengan 35 lapangan sepakbola. Pabrik susu baru ini akan memproduksi 400.000 kilogram susu segar setiap hari untuk menghasilkan 700 juta kilogram produk susu setiaptahunnya, dengan menggunakan teknologi modern yang ramah lingkungan untuk memenuhi tujuan keberlanjutan perusahaan. Pabrik ini memiliki potensi untuk memproduksi hingga 1 miliar kilogram produk susu setiap tahunnya. Investasi sebesar €257 juta (Rp3,8 triliun) untuk pabrik baru ini merupakan investasi terbesar perusahaan induk FrieslandCampina di seluruh dunia.

Diresmikannya pabrik susu baru Frisian Flag di Cikarang ini merupakan wujud komitmen FrieslandCampina dalam berinvestasi di Indonesia. Jan Derck van Karnebeek, CEO Royal FrieslandCampina N.V. dalam acara peresmian, mengatakan: “Pabrik susu baru FrieslandCampina di Cikarang adalah dedikasi kami untuk berinvestasi di sektor susu di Indonesia. Sebagai investasi produksi global terbesar kami hingga saat ini, fasilitas ini akan berfungsi sebagai pusat penghubung untuk Asia Tenggara. Pabrik ini merupakan perwujudan dari komitmen kami untuk menghadirkan produk susu berkualitas tinggi dan bergizi bagi generasi masa kini dan masa depan di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara, yang didukung oleh teknologi modern yang seimbang dengan kelestarian lingkungan. Frisian Flag Indonesia sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan akses terhadap produk susu yang terjangkau dan bergizi, serta mendukung kesejahteraan di beberapa wilayah Asia Tenggara.”

Baca Juga :   Menperin Dorong Sanko Holding Asal Turki Berinvestasi di Sektor Manufaktur Indonesia

Menawarkan nutrisi yang relevan dalam keseimbangan dengan manusia dan planet
Pabrik susu baru di Cikarang dibangun selaras dengan rencana iklim FrieslandCampina, yang bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 63% dari tahun 2015 hingga 2030 melalui pengurangan konsumsi energi dan penggunaan sumber daya terbarukan. FFI telah memulai upaya pelestarian lingkungan dengan menerapkan inovasi ramah lingkungan di seluruhrantai produksinya. Inovasi-inovasi tersebut antara lain boiler biomassa untuk pembangkit listrik tenaga uap, fasilitas daur ulang air limbah untuk pengelolaan air, dan sistem atap panel surya.
Pabrik Cikarang menargetkan untuk mengurangi emisi CO2/gas rumah kaca sebesar 45 persen, menghemat konsumsi listrik sebesar 22 persen dan konsumsi air sebesar 25 persen. Inisiatif ramah lingkungan lainnya adalah penggunaan lebih dari 55.000 palet ramah lingkungan yang diimplementasikan di Pusat Distribusi Utama dan Gudang Bahan Baku di pabrik baru ini.

Baca Juga :   Frisian Flag Indonesia Majukan UMKM Dengan Menempatkan Kepuasan Pelanggan

Presiden Direktur Frisian Flag Indonesia, Berend van Wel, mengatakan: “Peresmian pabrik di Cikarang ini menandai momen penting bagi FrieslandCampina dan FFI, yang memungkinkan kami untuk memainkan peran yang lebih besar dalam mendukung kemajuan Indonesia. Dengan komitmen yang kuat terhadap keberlanjutan dan inovasi, kami berdedikasi untuk memproduksi produk susu yang bergizi bagi keluarga Indonesia sambil meminimalkan jejak ekologi kami sebanyak mungkin, berkontribusi positif bagi masyarakat dan planet ini.”

Komitmen untuk memenuhi kebutuhan konsumen
Pabrik susu di Cikarang menandai ekspansi terbaru Frisian Flag setelah sebelumnya memiliki fasilitas di Pasar Rebo (beroperasi sejak tahun 1971) dan Ciracas (didirikan pada tahun 1977). Fasilitas canggih ini dilengkapi dengan peralatan untuk memproduksi dan memproses berbagai macam produk susu, termasuk susu kental manis dan minuman siap saji, yang tidak hanya memenuhi kebutuhan pasar domestik namun juga pasar ekspor ke berbagainegara tetangga. Sebagai wujud dedikasi FRISIAN FLAG® dalam memenuhi permintaan konsumen yang beragam, pabrik ini memastikan akses terhadap produk susu berkualitas bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Selain dampak ekonomi, fasilitas baru ini juga sejalan dengan tujuan nasional yaitu pertumbuhan ekonomi, peningkatan kesejahteraan, peningkatan swasembada, dan kesehatan masyarakat yang lebih baik, yang memperkuat komitmen Frisian Flag Indonesia untuk mendukung kemajuan Indonesia.
Portofolio FRISIAN FLAG® dirancang untuk konsumen di seluruh tahap kehidupan dan diperkaya untuk kebutuhan mereka. Menggabungkan kelezatan susu segar dan dengan para ahli nutrisi untuk menentukan nutrisi yang tepat untuk setiap tahap kehidupan, portofolio ini mendukung akal cermat, kuat berenergi, dan daya tahan kuat agar konsumen memiliki ketahanan untuk terus maju dalam hidup mereka. Merek ini telah dipercaya oleh konsumen Indonesia selama lebih dari 100 tahun dan sebagai salah satu pemimpin di bidang produk susu, FRISIAN FLAG® akan terus memberikan kebaikan susu bagi konsumen, menjadi mitra terpercaya konsumen untuk memiliki kekuatan untuk menang dalam menjalani hari – harinya.
Program Pemberdayaan Peternak
Salah satu dari inisiatif ini adalah program pemberdayaan peternak FrieslandCampina, yang mendukung para peternak sapi perah lokal untuk meningkatkan kapasitas dan produktivitas mereka melalui pengetahuan dan keahlian FrieslandCampina selama lebih dari 150 tahun di bidang peternakan sapi perah. Fasilitas baru di pabrik Cikarang ini akan meningkatkan kemampuan FFI dalam menyerap pasokan susu segar nasional dari lebih dari 30.000 peternak sapi perah rakyat di seluruh Pulau Jawa. (Jba)

MIXADVERT JASAPRO