Ekbis  

Bank DKI dan Transjakarta Berkolaborasi untuk Transportasi Ramah Lingkungan di Jakarta

Bank DKI dan Transjakarta Berkolaborasi untuk Transportasi Ramah Lingkungan di Jakarta. foto dok bankdki.co.id

JagatBisnis.com – Bank DKI telah melakukan langkah strategis dengan menjalin kerja sama dengan Transjakarta untuk mendukung transportasi publik yang ramah lingkungan di Jakarta. Pada tanggal 13 Juni 2024, keduanya menandatangani nota kesepahaman kerja sama (MoU) yang menegaskan komitmen Bank DKI dalam menyediakan pembiayaan untuk pengadaan bus-bus operasional Transjakarta, termasuk bus berukuran besar, sedang, dan bus listrik.

Amirul Wicaksono, Direktur Teknologi dan Operasional sekaligus Pelaksana Tugas Direktur Utama Bank DKI, menyatakan bahwa kerja sama ini merupakan bagian dari dukungan mereka terhadap ekosistem transportasi yang nyaman, terintegrasi, dan berkelanjutan di Jakarta. Ia juga menekankan pentingnya sinergi ini dalam mendukung Jakarta sebagai Global City.

Salah satu perusahaan yang akan mendapat manfaat dari pembiayaan ini adalah PT Allied Molindo Indonesia, penyedia bus listrik untuk Transjakarta. Kerja sama ini diharapkan dapat menjadi katalisator dalam proses elektrifikasi armada layanan Transjakarta serta berkontribusi pada pencapaian target emisi nol bersih Kota Jakarta.

Baca Juga :   TransJakarta Tambah 100 Unit Bus Listrik, Komitmen Mengurangi Polusi Udara

Selain memberikan fasilitas pembiayaan, Bank DKI juga bersinergi dengan Transjakarta dalam mengimplementasikan sistem transaksi non-tunai untuk tiket perjalanan menggunakan Kartu Uang Elektronik (JakCard). JakCard tidak hanya berfungsi sebagai tiket untuk moda transportasi seperti Transjakarta, JakLingko, KRL Commuter Line, MRT Jakarta, LRT Jakarta, dan LRT Jabodebek, tetapi juga dapat digunakan untuk pembayaran tiket masuk ke sejumlah tempat wisata di Jakarta.

Baca Juga :   Bank DKI Kembali Raih Penghargaan Pengelolaan Arsip Tahun 2023 dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

JakCard tersedia untuk pembelian di seluruh kantor cabang Bank DKI dan “JakCard Store” di platform e-commerce Tokopedia. Bank DKI juga menawarkan produk KMG yang menyediakan kredit kepemilikan kendaraan bermotor listrik, bekerja sama dengan dealer mobil dan motor listrik sebagai mitra.

Baca Juga :   Program SERAMBI 2024, Bank DKI Siapkan Mobile Branch

Dengan langkah-langkah ini, Bank DKI berperan aktif dalam mendukung transformasi transportasi publik menuju keberlanjutan di ibu kota, sejalan dengan visi Jakarta sebagai kota metropolitan global yang modern dan ramah lingkungan. (Zan)

MIXADVERT JASAPRO