BNI Dukung Relawan Bakti BUMN ke Samboja dan IKN, Rehabilitasi Orangutan dan Mangrove

BNI mendukung Relawan Bakti BUMN dalam program rehabilitasi habitat orangutan dan mangrove di Samboja dan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

JagatBisnis.com, Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI turut berkontribusi dalam menyukseskan program Relawan Bakti BUMN Batch V yang diinisiasi oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (KBUMN). Program ini bertujuan untuk merehabilitasi habitat orangutan dan mangrove di Samboja dan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Program Relawan Bakti BUMN Batch V berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 20 hingga 22 Mei 2024. Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengungkapkan, program ini merupakan wujud komitmen BNI dalam menjalankan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berkolaborasi dengan Hutama Karya.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi BNI bersama Hutama Karya dalam rangka implementasi TJSL BUMN untuk Indonesia,” ujar Okki.

Baca Juga :   BNI Exporters Forum Dukung UMKM Go Global

Fokus utama program Relawan Bakti BUMN Batch V adalah rehabilitasi orangutan dan mangrove di Samboja dan IKN. Kegiatan yang dilakukan meliputi rehabilitasi satwa langka orangutan Kalimantan di habitatnya, serta pemberdayaan masyarakat di sekitar IKN.

“Sebagai PIC dalam program ini, BNI bersama Hutama Karya sebagai Co-PIC memberikan semangat dan dukungan penuh kepada para relawan untuk mengikuti kegiatan ini,” jelas Okki.

Baca Juga :   BNI Java Jazz on The Move Special Edition Kembali Hadir! Natasya Elvira hingga Fariz RM dan Candra Darusman Siap Meriahkan Acara

Lebih lanjut, Okki menjelaskan, para relawan akan mengikuti berbagai kegiatan edukatif, seperti mempelajari cara mempersiapkan makanan alami orangutan, membantu perbaikan infrastruktur area konservasi, memahami peran petugas rehabilitasi, mengenal lebih dalam tentang Ibu Kota Negara di lokasi pembangunan, dan menanam pohon mangrove.

Melalui kegiatan ini, para relawan diharapkan dapat memahami pentingnya pelestarian orangutan dan mangrove dalam menjaga keseimbangan ekosistem hutan, serta dampaknya terhadap lingkungan dan manusia. Selain itu, para relawan juga akan melakukan penanaman pohon mangrove di kawasan penyangga IKN.

Baca Juga :   Gelar RUPS, BNI Bagikan Dividen 50%

Okki menambahkan, program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, tidak hanya selama pelaksanaan program Relawan Bakti BUMN, tetapi juga setelah para relawan kembali ke perusahaan masing-masing, dengan menularkan semangat sosial kepada rekan-rekan mereka.

“Semoga program ini dapat terus berkelanjutan dan memberikan banyak manfaat positif bagi kita semua,” pungkas Okki. (saf)

MIXADVERT JASAPRO