Pak Prabowo, Ini Sosok Pengganti Sri Mulyani Harapan Ekonom

jagatbisnis.com – JAKARTA. Sosok calon menteri keuangan (Menkeu) pengganti Sri Mulyani Indrawati menjadi perbincangan hangat akhir-akhir ini usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih.

Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede menyarankan bahwa sosok Menkeu di kabinet Prabowo harus memiliki profil yang berasal dari teknokrat. Menteri teknokrat merupakan individu yang diangkat ke dalam pemerintahan lantaran keahlian dan kompetisi teknisnya dalam bidang tertentu, bukan karena latar belakang politik atau partai politiknya.

“Bahwa yang akan menjadi Menkeu ke depannya adalah sosok-sosok yang tentunya teknokratik,” ujar Josua saat ditemui di Jakarta, Selasa (14/5).

Baca Juga :   Sri Mulyani Akan Terbitkan Aturan Insentif Pajak Penyimpanan DHE SDA Selain Deposito

Josua menjelaskan, sepanjang sejarah Indonesia memang yang menduduki posisi Menkeu memiliki latar belakang teknoratik. “Jadi posisi-posisi dari partai politik untuk menduduki Menkeu relatif lebih terbatas,” kata dia.

Baca Juga :   Kena Ekstra Bea Masuk, Beli Impor Baju Jadi Mahal

Selain itu, Menkeu pengganti Sri Mulyani juga harus market friendly alias dapat menjaga iklim investasi dengan kebijakan fiskalnya agar investor tetap ramai menanamkan modalnyan di Indonesia.

Tidak hanya itu, sosok Menkeu selanjutnya juga harus bisa menjaga fiskal secara prudent. Dalam hal ini, debt management dan fiscal management harus dipastikan tetap terkendali.

Baca Juga :   Antisipasi Serangan Bjorka, Kemenkeu Siap Tambah Anggaran BSSN

“(Dua hal) ini tetap terjaga sehingga ini tidak ada perubahan yang signifikan dari prospektif investor asing dan juga rating agency (lembaga pemeringkat),” tutup Josua. (Hfz)

MIXADVERT JASAPRO